BeritaPolitik

Prasetyo Edi PDIP Sebut Investor Enggan Jadi Sponsor Formula E

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi menyebut, kalangan investor enggan menjadi sponsor ajang Formula E. Sebab, ajang balap mobil listrik ini terseret ke ranah politik.

Pria yang akrab disapa Pras ini mengatakan, para investor tidak mau terang-terangan terlibat dalam kompetisi politik. Sejak awal, Formula E dinilai menjadi agenda politik bagi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kala itu, Anies mengumpulkan tujuh fraksi di DPRD Provinsi DKI Jakarta untuk mangkir dalam Paripurna Interpelasi Formula E yang diinisiasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

“Setelah waktu itu semua terkait Formula E adalah peristiwa politik,” kata Pras, Kamis (03/02/2022).

Pras menambahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tampak jelas menjadi pihak penyelenggara Formula E. Hal tersebut dibuktikan dengan instruksi Gubernur kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) untuk menganggarkan dan membayar commitment fee Formula E sebesar Rp 560 miliar.

Namun, pada 2021 Anies menyampaikan, gelaran Formula E adalah business to business. Artinya, Pemprov DKI tidak lagi terlibat. Kemudian, orang nomor satu di Ibu Kota ini menunjuk politikus sebagai ketua pelaksana atau organizing committee Formula E.

Pras mengemukakan, dengan rangkaian peristiwa itu menjadi penyebab Formula E tidak diminati investor. Terlebih, Oktober tahun ini, jabatan Anies sebagai Gubernur Provinsi DKI Jakarta juga bakal berakhir.

“Pengusaha enggak mau terlibat dalam kegaduhan politik. Makanya, mereka nggak mau investasi di Formula E,” ujar politikus PDIP ini.

Seperti diketahui, tender pembangunan sirkuit Formula E dinyatakan gagal berdasarkan pengumuman di situs e-procurement PT Jakpro pada Senin, 24 Januari 2022. Selain gagal tender, penyelenggara hingga kini belum dapat mengantongi siapa saja yang bakal mensponsori balap mobil listrik tersebut.

Direktur Pengelolaan Aset PT Jakpro, yang juga Managing Director Formula E, Gunung Kartiko mengklaim, sponsor untuk pembiayaan sirkuit Formula E itu ada meski belum bisa dipastikan.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close