BeritaOpiniPolitik

Populi Center: Anies Baswedan Capres Pilihan Warga DKI

BIMATA.ID, Jakarta – Lembaga penelitian kebijakan dan opini publik, Populi Center melakukan survei mengenai dinamika politik di Provinsi DKI Jakarta.

Metode pengambilan data dalam survei itu dilakukan melalui wawancara tatap muka terhadap 600 responden, dengan margin of error (MoE) kurang lebih 4,00 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei tersebut, salah satu yang ditanyakan adalah mengenai tokoh yang didukung oleh warga DKI Jakarta dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hasilnya, mayoritas warga Ibu Kota memilih Anies Baswedan apabila Pilpres diadakan hari ini, dengan raihan suara sebesar 29 persen.

“Disusul Joko Widodo 20,3 persen, Prabowo Subianto 11,7 persen, dan Ganjar Pranowo 5,8 persen. Adapun tokoh lainnya mendapatkan persentase di bawah 3 persen,” kata Peneliti Populi Center, Rafli Pamenang, Rabu (09/02/2022).

Selanjutnya, pada pertanyaan tertutup terkait elektabilitas 10 tokoh yang dipilih menjadi presiden mendatang, sebesar 34,8 persen Warga DKI Jakarta menjawab Anies.

Lalu disusul Ganjar Pranowo 18,2 persen, Prabowo Subianto 14 persen, Sandiaga Salahuddin Uno 6,7 persen, dan Ridwan Kamil 6,2 persen. Tokoh lainnya mendapatkan persentase di bawah 5 persen.

Pada pertanyaan simulasi elektabilitas tiga tokoh yang dipilih menjadi presiden mendatang, sebesar 45,5 persen warga DKI Jakarta menjawab Anies, disusul Ganjar 27,5 persen, dan Prabowo 20,8 persen.

“Sementara pada pertanyaan simulasi elektabilitas dua tokoh yang dipilih menjadi presiden mendatang, Anies Baswedan juga menjadi tokoh yang paling banyak dipilih dengan 59,8 persen, disusul Ganjar Pranowo dengan 33,3 persen,” ujarnya.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close