KesehatanBeritaNasionalUmum

Pemerintah Telah Siapkan Fasilitas Isoter di Seluruh Provinsi

BIMATA.ID, Jakarta- Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Suharyanto mengungkapkan, Pemerintah telah menyiapkan fasilitas isolasi terpusat (isoter) di setiap provinsi untuk masyarakat yang terpapar Covid-19 bergejala ringan hingga sedang. Masyarakat yang tidak bergejala disarankan isolasi mandiri (isoman) dengan didukung obat-obatan dari pemerintah.

“Pemerintah sudah menyiapkan isolasi terpusat di setiap provinsi bagi mereka yang terpapar tetapi bergejala ringan hingga sedang,” ungkapnya pada, Jumat (18/02/2022).

Dia menyampaikan, tingkat fatalitas Covid-19 varian Omicron secara klinis tidak separah Delta, tetapi bukan berarti tidak berisiko. Omicron tetap berpotensi menimbulkan fatalitas bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta, belum divaksin, dan lansia.

“Kelompok rentan inilah yang terbanyak mengalami fatalitas ketika terpapar Omicron ,” ucapnya.

Menurutnya, mayoritas masyarakat saat ini sudah divaksin. Rinciannya, 90% dosis 1 dan 66% dosis 2. Sedangkan lansia, 74% dosis 1, dan 51% dosis 2.

“Ini mengurangi potensi pemburukan jika terpapar. Untuk itu, kami mengimbau agar masyarakat yang belum vaksin agar segera melengkapi dosis vaksin, termasuk dosis ketiga,” ujarnya.

Dia mengatakan, sejumlah upaya tersebut membuat rumah sakit (RS) benar-benar hanya untuk masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan gejala berat hingga kritis, dan mereka yang memiliki komorbid atau memerlukan penanganan khusus.

“Inilah yang menghasilkan kontrol terhadap penggunaan tempat tidur rumah sakit rujukan Covid-19 menjadi terkendali hingga saat ini,” ujarnya.

Selain itu, telemedisin juga membantu mereka yang melakukan isolasi mandiri. Artinya, orang terpapar tetapi relatif tidak bergejala atau hanya bergejala ringan.

“Untuk yang bergejala ringan hingga sedang kami sarankan bisa ke isoter agar perawatannya tetap terjaga,” pungkasnya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close