BeritaEkonomiRegionalTravelUmum

Pemerintah Renovasi Rumah Warga di Kawasan Danau Toba Jadi Homestay Untuk Wisatawan

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemerintah telah merenovasi rumah warga di kawasan wisata Danau Toba agar layak untuk dijadikan homestay.

Hal tersebut disampaikan  saat mendampingi Presiden Jokowi beserta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves)  Luhut Binsar Pandjaitan, meninjau lokasi sarana hunian pariwisata berupa homestay yang berlokasi di Desa Lumban Suhi-Suhi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Kamis (03/02/2022).

“Prinsipnya adalah mengubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu, dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional,” katanya.

Basuki menjelaskan, homestay di Desa Lumban Suhi-Suhi dibangun 2 klaster dengan penerima bantuan 17 KK dengan biaya APBN sebesar Rp 1,9 miliar.

Keberadaan homestay ini bisa menjadi alternatif hunian bagi para wisatawan yang akan berkunjung ke Kampung Ulos Hutaraja, Tano Ponggol, Aek Rangat, Bukit Holbung, Batu Hoda, dan Sibea-bea. Di Kabupaten Samosir, Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sumatera II, Direktorat Jenderal Perumahan juga meningkatkan kualitas rumah warga sekitar Kampung Ulos Siallagan, Desa Lumban Siallagan sebanyak 49 KK. Pembangunannya dilaksanakan selama satu tahun pada 2020 dengan anggaran sebesar Rp 5,63 miliar.

Homestay Lumban Siallagan menjadi alternatif hunian bagi wisatawan berkunjung ke Batu Kursi Raja Siallagan, Pantai Pasir Putih, Museum Batak, Danau Sidihoni, dan Bukit Simarjarunjung. Konsep bangunan rumah yang dibangun untuk homestay seluruhnya mengadopsi kearifan lokal masyarakat Suku Batak seperti Rumah Bolon.

Seluruh upaya bantuan pemerintah dalam peningkatan kualitas hunian masyarakat untuk mendukung pariwisata Danau Toba sebanyak 1.799 unit. Dengan rincian homestay 569 unit, workshop 1 unit, toko 4 unit, kuliner 300 unit, lainnya 3 unit, dan penataan di sepanjang koridor.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close