Regional

Pembangunan Jalan Tol MNP Dimulai, Libatkan Seribu Pekerja 

BIMATA.ID, Makassar – Pembangunan Jalan Tol Makassar New Port (MNP) mulai groundbreaking, Senin (7/2/2022).

Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Mohammad Zainal Fatah yang meletakkan batu pertama mengatakan, pembangunan jalan akses tol sepanjang 3,2 km itu diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing kawasan industri di Indonesia dalam konteks regional dan internasional.

“Saya berpesan agar setelah groundbreaking ini, konstruksi segera dimulal sehingga dapat selesai sesuai target Juni 2023 atau bahkan bisa lebih cepat,” kata Fatah.

Fatah mengingatkan bahwa pembangunan jalan akses tol Makassar New Port tetap harus menjaga kualitas dan lingkungan. Karena membangun dengan cepat atau tepat waktu saja belum cukup.

“Jalan tol yang akan dibangun memenuhi kriteria-kriteria desain yang sudah dipersyaratkan Standar Pelayanan Minimal (SPM), serta menerapkan ruang bebas (clear zone) dalam rangka meningkatkan keamanan dan keselamatan pengguna jalan,” lanjutnya.

Proyek tol ini juga diharapkan dapat memberikan dampak bagi masyarakat karena akan melibatkan tenaga kerja sekitar seribu orang. Selain itu juga menciptakan peluang bagi pelaku ekonomi mikro, maupun pelaku usaha bidang konstruksi di Sulsel.

“Kepada kontraktor serta konsultan supervisi agar melaksanakan tugasnya secara profesional dengan menerapkan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebarluasan Covid-19,” kata Fatah.

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur dengan dimulainya pembangunan jalan akses Tol Makassar New Port. Menurutnya, ini akan mempercepat sistem distribusi barang sekaligus optimalisasi pemanfaatan MNP.

“Bahkan proses pendahuluan proyek ini menjadi proyek dengan pembebasan lahan yang paling cepat,” katanya.

Hadirnya tol ini akan meningkatkan konektivitas pelabuhan Makassar New Port dengan jalan tol eksisting, mempercepat laju pertumbuhan ekonomi Kawasan Indonesia Timur, serta efisiensi waktu tempuh 4x lebih cepat untuk transportasi peti kemas.

“Kita harapkan dengan pembangunan jalan tol ini akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat serta terserapnya tenaga kerja lokal warga sekitar,” harapnya.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close