Berita

Pamekasan Jawa Timur Diterjang Hujan Disertai Angin Kencang Membuat Pohon Tumbang

BIMATA.ID, Pamekasan – Hujan deras disertai angin kencang melanda Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Peristiwa tersebut menyebabkan sejumlah pohon roboh serta memutus aliran listrik di sejumlah kecamatan.

Hujan deras yang terjadi sekitar pukul 12.00 WIB ini juga menyebabkan sebuah pohon asam di Desa Peltong, Kecamatan Larangan roboh dan menimpa satu sepeda motor.

“Untung saat kejadian, orangnya tidak ada, karena sedang berteduh di sana,” kata salah satu warga di sekitar lokasi kejadian, Arifin, Kamis (10/02/2022).

Dia menjelaskan akibat tertimpa pohon asam yang tumbang itu, sepeda motor bernomor polisi M 2632 BI, milik warga bernama Hasan warga Desa Peltong, Kecamatan Larangan tersebut ringsek pada bagian depan.

Selain menimpa sepeda motor, pohon asam yang tumpang di jalan nasional penghubungan Kabupaten Pamekasan dan Kabupaten Sumenep akibat angin kencang tersebut itu juga mengenai warung makanan dan minuman. Namun tidak terlalu parah, karena hanya mengenai bagian depan warung saja.

Kejadian ini sempat menyebabkan terjadinya antrean kendaraan dari arah Pamekasan menuju Sumenep dan sebaliknya.

Dua jam kemudian arus lalu lintas kembali normal setelah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemkab Pamekasan memotong pohon asam yang tumbang dan menutup akses jalur nasional penggabungan dua kabupaten itu dengan menggunakan mesin pemotong.

Menurut Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pemkab Pamekasan Budi Cahyono, hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Pamekasan, Kamis itu, terjadi di semua kecamatan.

“Tapi yang menyebabkan gangguan seperti pohon tumbang hingga menyebabkan arus lalu lintas terganggu dan mengenai kendaraan bermotor warga itu hanya di Kecamatan Larangan. Di kecamatan lain alhamdulillah aman,” jelas Budi.

Sementara terkait laporan jaringan listrik putus yang juga disebabkan oleh kejadian hujan deras disertai angin kencang itu, menurut Budi, BPBD Pemkab Pamekasan telah berkoordinasi dengan petugas PLN.

“Petugas sudah terjun ke lapangan, dan sebagian yang mengalami gangguan, hingga sore ini sudah kembali normal,” ujarnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close