Berita

Melandainya Covid-19, Pemerintah Mempersiapkan Kebijakan Pra Endemi

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan tengah mempersiapkan normalisasi aktivitas masyarakat dari pandemi Covid-19 ke era endemi covid-19 yang perlu diterapkan secara bertahap. Hal tersebut melihat adanya Kasus covid-19 yang mulai melandai kembali.

“Untuk itu, pemerintah akan melakukan berbagai langkah awal diantaranya peningkatan cakupan dosis vaksinasi kedua dan juga booster, peningkatan kapasitas active,case surveillance, testing dan tracing hingga jaminan akan fasilitas respons kesehatan yang mumpuni,” katanya, Senin (28/02/2022).

Pihaknya juga menyampaikan semua kebijakan dalam proses transisi yang akan kita lalui bersama tentunya tidak dapat dilakukan secara terburu-buru dan hanya mengikuti trend yang ada.

“Mencapai situasi mendekati normal memerlukan pula cara pandang hidup dan kondisi yang baru. Tentunya ini hal yang perlu disiapkan oleh pemerintah dan juga masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, perkembangan gelombang varian Omicron terus menunjukkan tanda-tanda yang sangat baik terlihat pada tingkat kasus harian Nasional yang sudah menunjukkan tren penurunan.

“Selain itu tingkat rawat inap rumah sakit juga menunjukkan tanda perlambatan dan kasus kematian secara keseluruhan berada pada level yang juga rendah yakni dibawah varian Delta,” tungkasnya.(oz)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close