Berita

Ketua DPRD Cianjur Layangkan Surat ke Baznas Pusat

BIMATA.ID, Cianjur – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, mengatakan telah mengirimkan surat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Pusat terkait dengan kejadian politisasi dalam pembagian zakat dapat merusak kepercayaan tersebut.

“Pengurus Baznas memiliki kode etik, seluruh pimpinan dan amil zakat, baik di level Baznas maupun lembaga amil zakat (LAZ), tidak boleh melakukan kegiatan politik praktis,” katanya, Rabu (23/02/2022).

Pihaknya juga mengatakan, Baznas dalam menyalurkan zakat kepada yang berhak, dapat menolak kehadiran tokoh atau pengurus partai politik karena rentan dipolitisir, sehingga dapat merusak kepercayaan umat terhadap kinerja Baznas yang seharusnya tidak terlibat dalam politik.

“Kalau memang lembaga umat telah disusupi kepentingan parpol tertentu, seharusnya segera dibersihkan, bahkan kami akan bersurat ke Baznas Pusat, agar Pengurus Baznas Cianjur dapat mempertanggungjawabkan perbuatannya karena mengakui ditumpangi,” ucapnya.

Berdasarkan informasi sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cianjur segera memanggil Ketua Baznas Cianjur yang mengakui pembagian zakat di wilayah selatan Cianjur, ditumpangi partai politik, sehingga dapat membuat kepercayaan umat terhadap badan pengelola zakat berkurang.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close