BeritaInternasional

Invasi Rusia ke Ukraina Dimulai, Sebenarnya Apa yang Diinginkan Putin?

BIMATA.ID, Jakarta- Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dia telah mengizinkan operasi militer khusus di wilayah Donbass Ukraina.

Dalam sebuah pidato di TV Rusia, Putin mengatakan dia tidak berencana untuk menduduki wilayah Ukraina dan telah meminta tentara Ukraina untuk segera meletakkan senjata mereka.

Pernyataan itu dilontarkan Putin saat Dewan Keamanan PBB mengadakan pertemuan darurat yang kedua minggu ini.

Kementerian dalam negeri Ukraina mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa invasi Rusia ke Ukraina telah dimulai.

Beberapa telah dilaporkan di Kyiv, Kharkiv, Kramatorsk dan bagian lain negara itu.

Dengan ketegangan antara Ukraina dan Rusia pada titik puncaknya, semua mata tertuju pada tokoh yang menjadi pusat krisis, Vladimir Putin.

Pemimpin Rusia itu tidak menunjukkan tanda-tanda mundur, walaupun ada kecaman dan sanksi internasional.

Jadi sebenarnya, apa yang dia inginkan dari situasi ini?

Meskipun Putin telah lama vokal tentang keyakinannya bahwa Ukraina berada di wilayah teritorial Rusia kuno, perang habis-habisan masih merupakan usulan yang berisiko.

Sebagian besar orang Rusia masih mendukung Kremlin dan menyalahkan Barat atas krisis saat ini, menurut Lavada, satu-satunya lembaga jajak pendapat independen.

Namun, sebuah jajak pendapat dari tahun lalu menemukan bahwa hanya 43 persen responden percaya Rusia harus campur tangan dalam konflik di Ukraina timur.

Sebaliknya, sekitar 86 persen responden mendukung Vladimir Putin ketika dia mencaplok Krimea — wilayah Ukraina lainnya — pada tahun 2014.

“Ini bukan tentang Rusia. Ini tentang Putin … dan lingkaran kecil orang-orang di sekitarnya yang mendominasi negara ini,” kata Mark Galeotti, seorang ahli urusan keamanan Rusia, kepada Vox.

“Ini adalah pandangan sekelompok orang tua yang tidak bisa menerima kenyataan bahwa mereka bukan lagi negara adidaya.”

Putin tampaknya dimotivasi oleh tiga faktor utama: keyakinan yang kuat pada supremasi Rusia, ketakutan akan meningkatnya pengaruh Barat, dan ketidakmampuan untuk menolak pertaruhan berisiko tinggi dengan peluang menang yang tampaknya mustahil.

Mencegah runtuhnya kerajaan

Putin selalu terbuka tentang perasaannya tentang runtuhnya Uni Soviet.

“Kehancuran Uni Soviet adalah bencana geopolitik terbesar abad ini,” katanya pada 2005.

Disintegrasi Uni Soviet yang dulu perkasa menjadi 15 negara merdeka membuat mantan agen KGB itu melarat secara pribadi.

Tahun lalu, dia mengungkapkan bahwa dia dipaksa menjadi sopir taksi untuk memenuhi kebutuhan pada tahun 1990-an ketika Rusia berjuang secara ekonomi.

Sekarang, sebagai pemimpin negara, Putin tampaknya bertekad untuk mengembalikan status Rusia sebagai kekuatan utama di panggung dunia.

“Tidak perlu diragukan bahwa Putin berusaha untuk menghidupkan kembali apa yang dia bayangkan sebagai kejayaan – dan jangkauan geografis – dari Uni Soviet,” kata Olga Lautman, seorang analis di Centre for European Policy Analysis.

Ukraina selalu menjadi kunci impian Putin tentang negara adidaya Rusia modern.

“Negara berpenduduk lebih dari 40 juta jiwa itu membuat Ukraina rumah bagi populasi etnis Rusia terbesar di dunia di luar Rusia sendiri,” kata Taras Kuzio dari Henry Jackson Society kepada Atlantic Council.

“Bisa dibilang juga bahwa ini yang paling dekat dari bekas republik Soviet ke Rusia dalam hal etnis, budaya, sejarah, dan agama.”

Tahun lalu, Putin menulis esai 7.000 kata di mana ia mengklaim Ukraina adalah “sepenuhnya produk era Soviet” dan bahwa Rusia dan Ukraina adalah “satu bangsa”.

Ketika Uni Soviet runtuh, menurut Putin, Rusia “benar-benar terampok”.

Janji ‘tidak akan mendekat satu inci pun’

Salah satu keluhan utama yang tampaknya mendorong keputusan Putin hari ini berasal dari akhir era Soviet.

Setelah runtuhnya Tembok Berlin pada tahun 1989, terjadi serangkaian negosiasi antara Uni Soviet dan para pemimpin Barat tentang bagaimana mengakhiri Perang Dingin.

Pemimpin Rusia mengatakan bahwa sebagai bagian dari kesepakatan untuk memungkinkan Jerman bersatu kembali, Barat membuat janji bahwa NATO tidak akan memperluas bahkan “satu inci pun” lebih jauh ke timur menuju Moskow.

Sejak itu, aliansi tersebut telah berkembang lima kali, termasuk ke Polandia, Estonia, Latvia, dan Lithuania — yang berbatasan darat dengan Rusia — dan tetangga Ukraina, Rumania, Hongaria, dan Slovakia.

Ukraina sendiri telah menjadi mitra NATO sejak 1992, dan dijanjikan keanggotaan akhirnya pada pertemuan tahun 2008.

Tetapi Kremlin tidak ingin tetangga terdekatnya menjadi anggota penuh aliansi.

AS dan anggota NATO lainnya menyangkal bahwa janji “tidak satu inci pun akan mendekat” pernah dibuat secara resmi, tetapi Putin telah mengulangi klaim ini berkali-kali sebagai pembenaran untuk melenturkan otot diplomatik dan militer Rusia.

“Tidak satu inci ke timur, kata mereka pada kami di tahun 90-an. Jadi apa? Mereka menipu, dengan berani menipu kami!” katanya dalam pidato pada bulan Desember tahun lalu.

Putin membuat argumen serupa pada 2014, sebelum mencaplok semenanjung Krimea.

Dalam upaya untuk mengakhiri perang di wilayah Donetsk timur dan Luhansk Ukraina, para pemimpin menandatangani perjanjian Minsk.

Perjanjian ini menyerukan gencatan senjata, pertukaran tahanan dan mundurnya semua pejuang asing, tetapi akhirnya tidak bertahan. Upaya lain pada tahun 2015, Minsk 2, membuat tuntutan yang lebih kuat kepada Ukraina untuk memberikan status khusus wilayah timur dan mengadakan pemilihan di Donbas.

Para pemimpin Ukraina dan Rusia memang menandatangani deklarasi yang menyetujui Minsk 2, tetapi pertempuran terus berlanjut hingga hari ini. Analis mengatakan kebuntuan berbasis pada kompromi yang mustahil.

“Perjanjian Minsk bergantung pada kontradiksi yang tidak dapat diselesaikan: Apakah Ukraina berdaulat, seperti yang didesak oleh Ukraina, atau haruskah kedaulatannya dibatasi, seperti yang diminta oleh para pemimpin Rusia?” kata Duncan Allen, rekan di lembaga think tank Chatham House.

Dengan mengakui wilayah-wilayah yang disebutkan, Putin secara efektif telah meninggalkan proses perdamaian Minsk, bertekad untuk mengejar interpretasinya sendiri untuk memulihkan ketertiban di Ukraina timur.

Orang dengan semboyan judi: ‘makin tinggi risikonya, makin besar hadiahnya’

Di luar keterangan Menteri Dalam Negeri Ukraina soal invasi Rusia yang telah dimulai di negara itu, sulit untuk memprediksi apa yang akan terjadi karena Vladimir Putin sendiri selalu sangat tidak terduga.

“Putin telah meningkatkan citranya sebagai orang yang mengambil keputusan dan pemain poker yang andal memainkan semua kartunya,” tulis pakar Eropa Timothy Ash untuk Atlantic Council.

Dia telah mendominasi panggung dunia selama lebih dari dua dekade, tetapi para analis dan pakar masih menganggap pemimpin Rusia itu membingungkan.

“Beberapa pengamat mengatakan bahwa Vladimir Putin tidak punya wajah, tidak punya substansi, dan tidak punya jiwa. Dia adalah ‘pria dari mana’ saja, yang dapat muncul menjadi siapa saja dan bagi siapa saja,” tulis Fiona Hill dan Clifford Gaddy dalam buku mereka Mr Putin: Operative in the Kremlin.

“Memang, sebagai presiden dan perdana menteri, Putin telah mengubah dirinya menjadi seniman pertunjukan politik terbaik.”

Sementara beberapa analis mengatakan bahwa Putin sedang bermain catur 3 dimensi dengan negara-negara Barat, yang lain bersikeras bahwa pemimpin tersebut menjadi kurang rasional dan terisolasi selama pandemi.

“Vladimir Putin mungkin berpikir tidak logis tentang ini dan tidak melihat bencana di depan,” kata Perdana Menteri Inggris Boris Johnson minggu ini.

Apakah dia dimotivasi oleh keluhan pribadi atau rencana yang cerdik, jelas Putin berpikir waktunya untuk bertindak atas Ukraina adalah sekarang.

Setelah penarikan bencana dari Afghanistan, Presiden AS Joe Biden telah mengesampingkan intervensi militer di Ukraina.

“Banyak faktor yang berperan, yang paling penting adalah persepsi bahwa AS telah melepaskan diri dari teater Eropa dan berbalik ke Asia-Pasifik, meninggalkan kekosongan,” Mathieu Boulègue, seorang peneliti di Chatham House, mengatakan.

Dan sementara Putin telah mengesahkan undang-undang untuk memastikan dia dapat mempertahankan cengkeramannya pada kekuasaan hingga setidaknya 2036, pria berusia 69 tahun itu juga tampaknya memikirkan bagaimana dia akan diingat oleh sejarah.

“Ini tentang dia secara pribadi — warisannya, pandangannya tentang dirinya sendiri, pandangannya tentang sejarah Rusia,” kata Fiona Hill, seorang ahli Rusia dan mantan penasihat White House kepada New York Times.

“Jelas bahwa Putin melihat dirinya sebagai protagonis dalam sejarah Rusia, dan menempatkan dirinya di tempat para pemimpin Rusia sebelumnya yang telah mencoba untuk mengklaim apa yang dia lihat sebagai tanah Rusia.

“Ukraina adalah outlier, yang lolos yang harus dia bawa kembali.”

Artikel ini diproduksi oleh Mariah Papadopoulos dari ABC News. 

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close