BeritaEkonomiLifestyleRegionalUmum

HUT Bonebol, Bupati Minta Masyarakat Lebih Mandiri

BIMATA.ID, Jakarta- Kabupaten Bone Bolango (Bonebol) merupakan kabupaten yang terletak di ujung timur Provinsi Gorontalo, dan tahun ini merayakan hari jadinya ke-19. Tentu masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh pemerintah, terutama dalam menurunkan angka kemiskinan dan memperbaiki layanan publik.

“Usia yang ke-19 ini, banyak hal yang harus kita kerjakan dengan serius di antaranya menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi rakyat, menciptakan lapangan pekerjaan, dan memperbaiki layanan publik,” jelas Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Kamis (27/01/2022).

Namun menurutnya, masyarakat jangan hanya berharap bantuan dari pemerintah dan lebih mandiri. hal tersebut bukan solusi untuk mengurangi jumlah kemiskinan di daerah tersebut.

Sebab, bantuan hanya membuat warga menjadi tidak produktif dan tidak lagi mandiri. Masyarakat hanya terus berharap bantuan dari pemerintah saja meskipun bantuan sosial kerap kali diberikan pemerintah daerah Bonebol.

“Menurut evaluasi kami, bantuan ini tidak memberi dampak signifikan terhadap turunnya angka kemiskinan. Padahal sudah berbagai bantuan yang kami berikan,” ujarnya.

Dirinya menilai perlunya melakukan dua hal yang menjadi fokus kerjanya ke depan, yaitu melakukan pemberdayaan ekonomi masyarakat dan membangun infrastruktur secara masif.

“Jika masyarakat telah mandiri, tentunya mereka tidak akan lagi berharap bantuan dari pemerintah dan itu merupakan tantangan terbesar untuk saya,” katanya.

Hamim menyampaikan, dirinya telah berkunjung ke seluruh wilayah di Bonebol hanya untuk mengkoordinasikan usahanya menurunkan kemiskinan.

“Di usia ke-19 Kabupaten ini, saya berkeliling ke seluruh wilayah untuk mengkoordinasikan dalam menurunkan kemiskinan,” tuturnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close