BeritaPolitik

Fahri Hamzah Sebut Parpol Ambil Alih Kedaulatan Rakyat

BIMATA.ID, Jakarta – Wakil Ketua Umum (Waketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia, Fahri Hamzah menyatakan, saat ini partai politik (parpol) telah mengambil alih kedaulatan rakyat.

Mantan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) ini menyebut, parpol telah kehilangan perannya sebagai wadah pendidikan masyarakat.

“Kalau kita lihat cara partai politik dikelola hari ini, dikelola oleh keluarga, dikelola oleh segelintir orang, dikelola oleh penguasa tunggal itu mencemaskan sebetulnya,” ucap Fahri, dalam acara Gelora Talk edisi ke 33 dengan tema ‘Pemilu 2024: Daulat Parpol Vs Daulat Rakyat’ secara virtual, Rabu (09/02/2022).

Lebih lanjut, Fahri menegaskan, seharusnya parpol bertindak sebagai lembaga ilmu pengetahuan. Namun, fungsi tersebut sudah hilang.

“Partai politik sebagai lembaga ilmu pengetahuan hilang fungsinya, partai politik sebagai cikal bakal dan background demokrasi mulai kehilangan jiwanya,” tegasnya.

Fahri mengungkapkan, ke depan akan ada tren menguatnya parpol untuk benar-benar dikuasai oleh segelintir orang.

“Maka, kecemasan orang bahwa oligarki ada di belakang ruang-ruang gelap yang mengatur negara ini saya kira menemukan kebenarannya, ini yang harus kita catat dan mulai diskusikan,” ungkap alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close