BeritaPolitik

Charles NasDem Sebut Pers Garda Terdepan Minimalisir Penyebaran Hoaks

BIMATA.ID, Jakarta – Berita bohong (hoaks) masih menjadi tantangan besar bagi dunia jurnalistik di Indonesia. Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2022 diharapkan menjadi momentum semua pers untuk membumihanguskan hoaks.

“Hoaks menjadi salah satu penyebab terjadinya disharmonisasi antarsesama, karenanya pers penting untuk meluruskan, memberikan berita yang baik dan benar,” kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah, dalam keterangan tertulis, Kamis (10/02/2022).

Charles mencontohkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia (RI) pada 2021, yang menemukan 5.183 laporan hoaks terkait Covid-19. Sebanyak 767 di antaranya sudah diproses hukum.

Dari 5.183 laporan hoaks soal virus korona tersebut, 5.046 di antaranya sudah diblokir. Data ini dapat disimpulkan bahwa hoaks menjadi permasalahan semua pihak.

“Pers sebagai garda terdepan untuk memininalisir penyebaran hoaks di masyarakat,” tandasnya.

Selain itu, Charles menekankan, pentingnya peningkatan profesionalisme pers. Profesionalisme yang dikendurkan akan tergiling oleh dunia media sosial yang semakin pesat dan memanjakan masyarakat.

Anggota Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI ini meminta, Pemerintah Pusat dan Daerah, termasuk pengusaha media agar terus memperhatikan kesejahteraan pekerja media. Caranya, bisa dengan bekerja sama dalam merumuskan perlindungan dan jaminan kesejahteraan hidup bagi para pekerja media.

Terakhir, mantan wartawan Metro TV ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers dan media, yang selama ini telah meliput dan menyebarkan berbagai kegiatan ataupun siaran pers yang dikeluarkan Partai NasDem.

Charles yakin, tanpa peran media, maka sulit mengampanyekan dan menyosialisasikan berbagai program partai yang pro terhadap kepentingan masyarakat, baik di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga ke wilayah desa/kelurahan hingga rukun tetangga.

“Saya ucapkan terima kasih banyak kepada media, dan saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional 2022. Semoga insan pers kian profesional, eksis, dan sejahtera,” ujar legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi Jawa Timur (Jatim) IV ini.

[MBN]
Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close