BeritaRegional

Cegah Mewabahnya Penyakit DBD, Wilayah Grogol Utara Gencarkan PSN dan Fogging

BIMATA.ID, Jakarta – Di Tengah naiknya kasus Covid-19, masyarakat tidak boleh lengah dengan penyakit lain kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan pengasapan atau (fogging) terus digencarkan di wilayah Jakarta Selatan, Kali ini kegiatan PSN dipusatkan di lingkungan Rukun Warga (RW) 05, Grogol Utara, Kebayoran Lama dengan pengasapan atau (fogging).

Ketua Koordinator Jumantik tingkat RW Siti Maryam mengatakan, kegiatan PSN di wilayahnya itu melibatkan petugas dari Puskesmas dan kader PKK, Jumantik dan Dasawisma, petugas juga memberikan pemahaman ke warga untuk selalu menjaga lingkungan agar tetap bersih yaitu melalui 3 M (Menguras Menutup dan Menyingkirkan atau Mendaur Ulang).

“Dengan adanya masalah kesehatan, bukan hanya tanggung jawab Dinas Kesehatan saja tetapi memerlukan dukungan semua pihak, maupun instansi terkait dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan bebas dari segala ancaman penyakit dengan dilakukannya Fogging sebagai langkah antisipasi kasus demam berdarah di musim penghujan yang mengakibatkan banyak genangan berpotensi memicu kasus demam berdarah,” Katanya, Rabu (16/02/2022)

Sementara Ketua RW 05 Sudirman telah berkoordinasi dengan Juru Pemantau Jentik (Jumantik) untuk meneliti perkembangan wilayah yang berpotensi menjadi titik persebaran DBD.

“Pengawasan tingkat terbawah juga harus lebih masif lagi, khususnya para Jumantik kita. Mereka harus rajin mengontrol ke rumah-rumah untuk pemetaan wilayah-wilayah yang dimana jentik itu berasal. Jangan hanya melihat namun juga melaporkan dan juga mengantisipasi, dan jangan sampai menunggu korban, tekanlah angka DBD itu jangan sampai melonjak,” ungkapnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close