UmumBerita

BPBD Sulsel Mencatat Belasan Kabupaten Terdampak Bencana dalam Sepekan Terakhir

BIMATA.ID, Makassar — Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Selatan, Muhammad Firda, melaporkan bahwa bencana hidrometeorologi terjadi di 12 kabupaten dalam sepekan terakhir. Bencana banjir, tanah longsor hingga angin kencang terjadi seiring masa peringatan cuac buruk, 19 sampai 23 Februari 2022.

“Kejadian di Kabupaten Sidrap, Enrekang, Takalar, Luwu Utara, Maros, Tana Toraja, Jeneponto, Pangkep, Wajo, Pinrang, Bone, dan Kepulauan Selayar,” katanya, Kamis (24/02/2022).

Pihaknya merincikan, bila termasuk Kota Makassar, maka total daerah terdampak bencana menjadi 13 daerah. Sebab banjir juga diketahui merendam pemukiman warga di Perumnas Antang, Kelurahan Manggala, Kecamatan Manggala, sejak Selasa, 22 Februari.

Ia juga menyebutkan, kejadian bencana dipicu kondisi cuaca ekstrem yakni hujan dengan intensitas tinggi, yang terjadi hampir sepekan, Petugas BPBD masing-masing wilayah pun langsung memantau dan mendata jumlah warga dan infrastruktur yang terdampak di masing-masing daerah.

Bencana mulai dilaporkan terjadi sejak 19 Februari. Di Sidrap, banjir merendam jalan poros di Kelurahan Rijang Pittu, Kecamatan Maritengngae.

“Dua unit rumah rusak berat dan satu rusak ringan. Korban luka satu orang dan korban terdampak banjir tiga kepala keluarga (KK) terdiri dari delapan jiwa,” jelasnya..

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close