BeritaInternasionalNasionalPendidikanUmum

Wapres Minta Perguruan Tinggi Indonesia Berperan di Asean

BIMATA.ID, Jakarta- Wakil Presiden (Wapres), Ma’ruf amin membeberkan peran yang bisa dilakukan perguruan tinggi untuk kepentingan Indonesia di ASEAN.

Pertama, perguruan tinggi dapat memberikan pandangan dan rekomendasi terkait isu prioritas yang menjadi kepentingan Indonesia di Kawasan ASEAN, baik di bidang politik, ekonomi, dan sosial-budaya.

Kedua kata Ma’ruf, perguruan tinggi mampu memberikan solusi atas pemasalahan pengangguran di Indonesia dan di ASEAN melalui penguatan kerja sama di bidang ketenagakerjaan. Sehingga dengan hal tersebut dapat memberikan kehidupan yang baik untuk generasi muda ASEAN.

“Kita ingin kerja sama ASEAN dapat memberikan kehidupan yang lebih baik bagi para generasi muda ASEAN,” kata Ma’ruf Amin saat memberikan sambut dalam Dies Natalis ke-59 Universitas Brawijaya, Rabu (05/01/22).

Ma’ruf juga menjelaskan ketiga yaitu perguruan tinggi sanggup menjawab tantangan dan kebutuhan ASEAN melalui penajaman dan titik berat pada sektor ekonomi atau Priority Economic Deliverables (PED). Mulai dari antara pemulihan ekonomi, keberlanjutan pembangunan, termasuk melalui blue economy dan ekonomi digital.

“Keempat, perguruan tinggi terus mendorong komitmen pemerintah untuk melaksanakan integrasi ekonomi ASEAN yang modern dan maju, yang menunjukkan kesungguhan ASEAN untuk tidak hanya meningkatkan konektivitas fisik melalui pembangunan infrastruktur, tetapi juga lebih fokus pada konektivitas digital,” ungkapnya.

Terakhir, perguruan tinggi mampu memanfaatkan keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023. Salah satunya yaitu mendorong peran sektor pendidikan dalam rangka memperkuat integritas ASEAN melalui kerja sama pendidikan, utamanya melalui ASEAN University Network.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close