BeritaHeadlinePolitik

Pidato Kebudayaan, Zulhas: Kita Bumikan Kembali Islam Tengah

BIMATA.ID, Jakarta – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan (Zulhas), menyampaikan Pidato Kebudayaan bertajuk ‘Indonesia Butuh Islam Tengah’ yang diselenggarakan di Auditorium Utama Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (RI), Jakarta Pusat, Sabtu, 29 Januari 2022.

Acara tersebut dihadiri puluhan tokoh politik, tokoh intelektual, tokoh agama, hingga tokoh pers dan budaya.

“Acara ini sekaligus penganugerahan Zulhas Award 2022, penghargaan kepada para kreator dan intelektual muda,” kata Fahd Pahdepie dari Amanat Institute, Sabtu (29/01/2022).

Dalam pidato kebudayaannya, Zulhas mengatakan, pentingnya positioning Islam yang moderat atau Islam Tengah di Indonesia untuk dipahamkan kembali kepada publik luas, termasuk kepada para tokoh politik, tokoh bangsa, tokoh pers hingga tokoh budaya.

“Sehingga, semangat ber-Islam tidak dicurigai sebagai sikap keras atau radikal, pada saat yang sama sikap toleran juga tidak berarti mengabaikan batas-batas yang telah ditetapkan dalam agama. Bernegara tidak bisa dikerjakan dengan fanatisme tanpa mengayomi yang berbeda,” ujarnya.

Zulhas menerangkan, posisi agama dan negara belakangan ini kembali dipersoalkan, padahal hal tersebut merupakan diskusi yang sudah selesai. Hubungan antara agama dan negara dalam konsep Indonesia bersifat simbiotik, menjadi fusi sinergis yang harmonis.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI ini menyebut, munculnya perbenturan-perbenturan yang belakangan terjadi akibat digunakannya politik identitas harus diantisipasi, tafsir beragama dalam politik harus bisa mengayomi, mendamaikan, berada di tengah.

Publik Islam, perlu memahami dan mengimplementasikan cara beragama yang tengahan atau moderat.

“Sudah saatnya kita membumikan kembali Islam Tengah, menjadikannya perbincangan publik Islam yang utama. Islam Tengah merupakan sebuah konsep keislaman dan jalan kebangsaan yang perlu menjadi panduan bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari,” tutup Zulhas.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close