BeritaEkbisEkonomiInternasionalNasionalOtomotifUmum

Penjualan Mobil Listrik Meningkat Pesat Berkat Subsidi dari pemerintah

BIMATA.ID, Jakarta- Besarnya volume penjualan mobil listrik dari Tiongkok (China) tercatat sebesar 3,52 juta unit bukan hanya terjadi pada tahun 2021.

Berdasarkan informasi CarNewsChina, pada 2009 lalu negara ini juga mampu melampaui torehan yang dicatatkan pasar otomotif Amerika Serikat.

Menurut CPCA, angka penjualan tersebut masih terus merangsek naik pada 2022. Bahkan, mereka mengatakan penjualan tersebut akan melebihi 5 juta unit untuk tahun ini.

Pada Desember 2021, penjualan mobil listrik mencapai angka 505.000 unit. Angka tersebut mengalami pertumbuhan sebesar 138,9 persen dibandingkan pada periode yang sama pada tahun 2020.

Sementara jika bicara brand yang berhasil meraih cuan dari penjualan tersebut didominasi oleh BYD. Mereka sukses menjual sebanyak 93.338 unit dan menjadi pemain terbesar di Tiongkok untuk mobil listrik.

Sedangkan untuk Tesla, sukses mengemas penjualan sebesar 70.847 unit dan kemudian dilanjutkan oleh Wuling dengan penjualan 60.372 unit. Selain tiga produsen tersebut, pabrikan lainnya yang juga mengukir torehan positifnya adalah Great Wall, Chery, Geely, serta SAIC Motor.

Pencapaian tersebut juga berkat dukungan dari pemerintah setempat, di mana mereka memberikan subsidi penuh untuk konsumen yang membeli mobil ramah lingkungan ini.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close