Regional

Pemkot Makassar Bakal Bangun Jembatan Tandingan Cihampelas Bandung

BIMATA.ID, Makassar – Pemkot Makassar bakal membangun jembatan monumental. Jembatan layang ini nantinya dinamai Japparate.

Jembatan ini akan dibangun mulai dari Benteng Rotterdam di Jalan Penghibur dan akan membentang hingga ke Mal Pinisi Point (Pipo) di Jalan Tanjung Bunga.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar, Zuhaelsi Zubir mengatakan, konsep Japparate layaknya jembatan Cihampelas yang ada di Bandung. Namun, jembatan Japparate nantinya didesain lebih elok dan canggih daripada jembatan Cihampelas.

“Konsepnya kayak Cihampelas, tapi lebih bagus lagi. Bangunannya beton kayak tol layang di Pettarani,” kata Zuhaelsi, Jumat (14/1/2022).

Jembatan layang ini kata Helsy, akan menjadi fasilitas publik, salah satu jalur pedestrian.Selain untuk pejalan kaki, warga juga bisa berolahraga di tempat tersebut.

Dari sisi ekonomi lanjut dia, akan ada pedagang-pedagang yang berjualan di area tersebut.

“Ada destinasi kuliner juga, agar tempat tersebut menjadi pusat ekonomi baru,” ujarnya.

Tempat ini diharapkan menjadi serbuan para wisatawan lokal dan mancanegara nantinya, karena pengunjung bisa langsung menikmati indahnya panorama pesisir Makassar dan juga melihat senja saat sore hari.

Adapun anggaran yang disiapkan yakni Rp20 miliar untuk tahap pertama pada tahun 2022. Tahapan pembangunan japparate masih tahap penyempurnaan perencanaan atau Detail Engineering Design (DED).

Ia menargetkan, Januari 2022 perencanannya sudah bisa masuk dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), lalu ditarget tender pada Februari mendatang.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close