BeritaHukumInternasionalNasionalUmum

Pemerintah Akan Buka Kembali Keberangkatan Umrah Pada 8 Januari

BIMATA.ID, Jakarta- Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan, pemerintah kini tengah menyiapkan regulasi tentang keberangkatan peserta umrah. Ia menekankan pemerintah akan melakukan pengetatan protokol kesehatan bagi jamaah yang akan berangkat melakukan kegiatan ibadah tersebut.

“Penyelenggaraan umrah akan dilakukan dengan pengendalian dan pengawasan terhadap prokes secara ketat,” kata Hilman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (06/01/ 2022).

Hilman juga menyebut tanggal 8 Januari 2022 pemberangkataan peserta umrah sudah dapat dilakukan. Hal ini ditetapkan setelah melakukan rapat lintas kementerian dan lembaga pada 3 Januari yang lalu.

“Kami juga sudah mendapatkan arahan dari Pak Menag Yaqut Cholil terkait ketentuan pengetatan protokol kesehatan,” ujarnya.

Di samping itu, pemerintah juga akan memberlakukan kebijakan prioritas penerbangan bagi penyelenggara yang menggunakan penerbangan langsung melalui Bandara Soekarno-Hatta.

Para peserta yang kembali dari ibadah umrah juga diwajibkan mengikuti kebijakan karantina yang ditetapkan Satgas Penanganan Covid-19 Nasional.

“Keberangkatan empat penerbangan awal mengacu kebijakan umrah satu pintu dengan menggunakan asrama haji Jakarta sebagai lokasi screening kesehatan dan titik awal keberangkatan yang dikoordinasikan oleh asosiasi PPIU,” katanya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close