Berita

Menkes Minta Pemprov Jakarta Bersiap dalam Mengatasi Potensi Lonjakan Kasus Varian Omicron

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin, meminta kepada Pemerintah Provinsi (pemprov) DKI Jakarta bersiap dalam menanggulangi kemungkinan adanya potensi lonjakan kasus varian Omicron.

“Lebih dari 90 persen transmisi memang transmisi lokal, itu terjadi di DKI Jakarta,” katanya, Senin (17/01/2022).

Pihak Kemenkes juga meminta, pemprov DKI Jakarta harus bersiap menjadi wilayah medan perang pertama dalam menghadapi kenaikan kasus Omicron.

“Kita memang harus mempersiapkan, khusus DKI Jakarta sebagai medan perang pertama menghadapi Omicron,” ucapnya.

Budi juga meminta kepada masyarakat untuk  tidak panik dan tetap waspada serta selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Prokes di Jakarta harus ditingkatkan, penggunaan PeduliLindungi diperketat dengan memperkuat upaya 3 T yaitu testing, tracing, dan treatment,” tungkasnya.

Mengutip data Dinkes DKI Jakarta Kasus positif Covid-19 varian Omicron di DKI Jakarta kembali bertambah. Tercatat, kasus Omicron mencapai 725 orang yang didominasi oleh pelaku perjalanan luar negeri.

“Dari 725 orang yang terinfeksi (Omicron), 75 persennya atau sebanyak 545 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 180 lainnya adalah transmisi lokal,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan DKI Jakarta Dwi Oktavia dalam keterangan tertulis, Jumat (14/01).(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close