Berita

Menkes Budi Gunadi Prediksi Kasus Omicron Lebih Tinggi dari Delta

BIMATA.ID, Jakarta – Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI), Budi Gunadi Sadikin mengatakan, kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia per hari ini sudah menembus angka 1.600 terhitung sejak teridentifikasi pertama kali pada medio Desember lalu.

“Kami melaporkan sudah terkonfirmasi bahwa dari 1.600 yang terkena Omicron, Di seluruh dunia, kasus Omicron akan naik dengan cepat dan tinggi, malah lebih dari kenaikan kasus Delta. Tetapi kabar baiknya adalah turunnya juga cepat dan hospitalisasi juga rendah,” katanya, Senin (24/01/2022).

Pihak Kemenkes mengatakan, peningkatan kasus Omicron ini sesuai dengan prediksi pemerintah, Dari total 1.600 kasus, kata Budi, yang dirawat dan membutuhkan oksigen hanya sekitar 20.

“Lalu,  memang yang wafat ada dua orang. Ini masih jauh sangat rendah dibandingkan dengan kasusnya Delta,” ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan sistem pelayanan kesehatan sudah siap untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

“Pemerintah memastikan hari ini sudah cukup siap menghadapi Omicron, jauh lebih siap dibandingkan varian Delta dulu. Kami minta masyarakat tetap menaati protokol kesehatan dan mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak bepergian keluar negeri,” ucap Luhut.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close