EkonomiBeritaBisnisEnergiNasionalUMKMUmum

Mendag: Pemerintah Bakal Gelontorkan 2,4 Miliar Liter Minyak Goreng Harga Rp14 Ribu

BIMATA.ID, Jakarta-  Pemerintah bakal kembali menggelontorkan 1,2 miliar liter minyak goreng Rp14 ribu ke masyarakat jika harga masih tinggi selama enam bulan ke depan. Dengan demikian, total yang siap disebar menjadi 2,4 miliar liter minyak goreng.

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi menjelaskan pemerintah baru menyediakan 1,2 miliar liter minyak goreng dengan harga Rp14 ribu per liter. Kebijakan ini diambil karena harga minyak melonjak hingga Rp20 ribu per liter beberapa waktu terakhir.

“Kami prediksi harga melandai dan stabil selama 6 bulan ke depan, jika (masih) lanjut (naik) jadi total 2,4 miliar liter (yang akan digelontorkan),” ujarnya di Jakarta Barat, Rabu (12/01/2021).

Lutfi mengatakan 1,2 miliar liter minyak goreng akan disebar selama Januari sampai Juni 2022 mendatang. Pemerintah akan mulai menggelontorkan minyak goreng pada akhir pekan ini.

Sementara, pemerintah akan mendistribusikan minyak goreng kemasan sederhana Rp14 ribu per liter di seluruh wilayah Indonesia. Distribusi akan dilakukan di pasar modern dan pasar tradisional.

Untuk tahap awal, pemerintah akan menunjuk lima produsen minyak goreng sebagai pelaksana produksi minyak goreng Rp14 ribu per liter. Ke depan, Lutfi memastikan produksi minyak goreng akan dilakukan oleh 70 industri dan 225 packer.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close