Berita

Masarakat Diminta Waspadai Pontensi Banjir Susulan di Lebak Banten

BIMATA.ID, Lebak – Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama,memberi himbauan kepada masyarakat untuk mewaspadai banjir susulan, karena adanya potensi curah hujan yang sangat deras terjadi pada sore hingga malam hari.

“BPBD Lebak meminta masyarakat mewaspadai banjir susulan karena dipastikan sore dan malam hari berpotensi curah hujan lebat disertai angin kencang, Kami berharap masyarakat tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu,” katanya, Kamis (13/01/2022).

Penyebab banjir di pemukiman Rangkasbitung itu akibat meluapnya Sungai Cikambuy dan menyempitnya saluran drainase, karena pesatnya pembangunan perumahan.

“Jika hujan lebat berlangsung lebih dari tiga jam dipastikan terjadi banjir pemukiman,” ungkapnya.

Pihaknya telah menurunkan 12 personil disiagakan di Pos Utama BPBD setempat guna memberikan pertolongan evakuasi jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam.

“Kami kini memfokuskan aparatur desa dan kecamatan yang daerahnya rawan bencana alam agar berkoordinasi untuk memberikan penanganan terbaik sehingga tidak menimbulkan korban jiwa,” ucapnya.

Sementara itu, Nana Jumhana, warga Pasir Kongres Rangkasbitung Kabupaten Lebak mengaku bahwa dirinya bersama anggota keluarga kembali ke rumah setelah setelah genangan banjir surut.

“Kami bersama keluarga malam tadi mengungsi di rumah kerabat karena rumah tergenang banjir setinggi 60 sentimeter,” jelasnya.(oz)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close