BeritaPolitik

Komisi II Segera Lakukan ‘Fit and Proper Test’ Terhadap 24 Nama Calon Anggota KPU-Bawaslu

BIMATA.ID, Jakarta – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), telah menerima nama-nama calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI periode 2022-2027. Mereka segera diseleksi melalui fit and proper test.

“Jadi kita masih nunggu penugasan dari pimpinan DPR lewat Bamus (Badan Musyawarah),” kata Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Saan Mustopa, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (19/01/2022).

Saan menerangkan, Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sudah menyerahkan 24 nama calon Anggota KPU RI-Bawaslu RI ke DPR RI. Surat ini sudah diterima pimpinan lembaga legislatif pusat.

“Surat diterima pimpinan, sudah seminggu yang lalu, jadi minggu lalu sudah dikirim Presiden,” terang Sekretaris Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) ini.

Legislator daerah pemilihan (Dapil) Provinsi VII ini mengemukakan, surat itu akan dibacakan dalam Rapat Paripurna. Selanjutnya, diserahkan ke Komisi II DPR RI untuk melakukan uji kepatutan dan kelayakan.

Saan ingin proses tersebut segera dilakukan. Sehingga, uji kepatutan dan kelayakan bisa dilakukan pada Masa Sidang Ke-III DPR RI 2021-2022.

“Mungkin minggu pertama Februari kita sudah bisa fit and proper test,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Seleksi (Timsel) telah memilih 24 nama calon Anggota KPU RI-Bawaslu RI. Nama-nama itu sudah diserahkan ke Presiden Jokowi pada 6 Januari 2022.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close