EkonomiBeritaEkbisNasionalPertanianUmum

Harga Pangan Melonjak, AEPI Minta Pemerintah Keluarkan Izin Impor

BIMATA.ID, Jakarta- Pengamat Pertanian Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Khudori mengungkapkan, pemerintah harus segera mengeluarkan izin impor apabila komoditas seperti bawang putih, gula, daging sapi, dan kedelai mulai mengkhawatirkan dan tidak mencukupi sehingga menyebabkan lonjakan harga.

“Pangan yang ditanyakan itu semua impor, baik sebagian besar maupun sebagian kecil. Nah, kalau dari neraca pangan stok yang ada tidak cukup dan amat mengkhawatirkan ya harus segera dikeluarkan izin impor. Impor itu butuh waktu.” ujar Khudori, Kamis (06/01/2022).

Menurutnya, hal ini perlu menjadi perhatian terutama karena situasi pandemi dapat membuat impor menjadi penuh ketidakpastian. Negara-negara eskportir juga sangat memungkinkan untuk membuat kebijakan tiba-tiba, seperti lockdown.

“Situasi pandemi membuat impor penuh ketidakpastian. Negara eksportir bisa membuat kebijakan tiba-tiba, yang misalnya melakukan lockdown, tapi juga ada masalah dalam distribusi,” ungkapnya

Dia menilai, hal tersebut dapat menyebabkan kedatangan komoditas itu menjadi tidak pasti, dan menurutnya ini perlu menjadi hitungan pemerintah, agar tidak terjadi kelangkaan yang menyebabkan kenaikan harga.

“Mestinya ini sudah dihitung cermat supaya tidak sampai terjadi kelangkaan yang berujung pada kenaikan harga,” katanya.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close