HeadlinePolitikRegional

Golkar Target 220 Anggota Fraksi, Nasdem 1 Juta Kader, Gerindra Sapu Bersih

BIMATA.ID, Makassar – Tiga partai besar di Sulsel mulai memanaskan mesin poltiknya. Golkar, Nasdem dan Gerindra memasang target tinggi di pemilu.

Baru-baru ini, DPD I Golkar Sulsel di bawah kendali Taufan Pawe baru saja merayakan HUT organisasi sayap Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) yang dipusatkan di Kota Makassar. Acara tersebut dihadiri langsung Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Di saat bersamaan, kader Nasdem ‘bergerilya’ merekrut ribuan anggota untuk target 1 juta anggota baru. Selain rekrutmen, Nasdem juga bagi-bagi hadiah.

Oktober tahun lalu, DPD Gerindra menggelar rakorda dengan menghadirkan Sekjennya Ahmad Muzani. Rakorda dihadiri pengurus 24 DPC Gerindra se-Sulsel. Gerindra optimis sapu bersih di pemilu.

Di Sulsel, Golkar pemilik kursi terbanyak di DPRD Sulsel. Di bawah kendali Taufan Pawe, Beringin rindang menargetkan 220 kursi di provinsi, kabupaten dan kota. Lebih tinggi dari capaian Nurdin Halid, ketua Golkar sebelumnya.

“Saya melaporkan jumlah anggota fraksi 153 anggota. Target kami 220 anggota fraksi. Saya yakin berbanding lurus kemenangan bapak Airlangga di Sulsel,” kata Taufan, Selasa (18/1/2022).

Sejak memimpin Golkar Sulsel pada tahun lalu, Taufan sudah menyelesaikan konsolidasi di 24 kabupaten/kota se-Sulsel. Ia percaya, seluruh ketua DPD II solid.

Awal tahun lalu, Nasdem juga memanaskan mesin partai. Pada Kamis (6/1/2022), DPW Nasdem Sulsel menggelar rapat pleno di Hotel Claro.

Ketua Nasdem Sulsel Rusdi Masse menargetkan merekrut 1 juta kader baru. Anggota DPR RI ini menginstruksikan ketua DPD terus menambah kader untuk mendongkrak perolehan di pemilu

“Kita telah sepakati ada 12 poin rekomendasi partai Nasdem untuk tahun 2022 ini, dan salah satu target yang ingin dicapai tahun ini yakni 1 juta kader baru partai Nasdem yang dibuktikan dengan perekaman E-KTA,” kata RMS akronimnya.

Suami Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati ini menargetkan Nasdem menjadi pemenang Pemilu 2024. Ia meminta kadernya bekerja ekstra agar target tidak sekadar slogan.

“Ini penting karena kita harus mulai untuk mempersiapkan diri menghadapi Pemilu 2024,” katanya.

Di DPRD Sulsel, Nasdem memiliki 12 kursi, selisih 1 kursi dari Golkar 13 kursi. Partai besutan Surya Paloh ini memiliki 5 kepala daerah dan 7 wakil kepala daerah.

“Apa cita-cita NasDem yaitu menjadi pemenang di kabupaten, provinsi, dan pusat,” ucapnya.

Gerindra Sulsel tak mau kalah. Gerindra Sulsel lebih dahulu menggelar rapat konsolidasi di Four Point Hotel pada Sabtu (9/10/2021).

Sebelum Rakorda, DPD Gerindra Sulsel yang dikendalikan Andi Iwan Darmawan Aras mengganti lima ketua DPC dan penguatan di empat DPC.

Di Bone, Gerindra menunjuk Rahman menggantikan Ishak sebagai ketua. Rahman saat ini menjabat Wakil Ketua DPRD Bone.

DPC Gerindra Bantaeng dari Tamrin Labandu ke Didit Sugiarto (anggota DPRD).

Maros dari Ilyas Cika ke Yusuf Dama (anggota DPRD), Soppeng dari Nurul Safitri ke Henny Latif (anggota DPRD Sulsel), Luwu dari Anton Yahya ke Andi Maman (mantan anggota DPRD).

Di Pilpres, arah Gerindra sudah jelas. Kader mendorong Ketua Umum Prabowo Subianto kembali bertarung.

Di Pileg 2019 lalu, Gerindra berhasil mengontrol dua kursi ketua di parlemen, yakni di Jeneponto dan Sinjai.

Di Sulsel, Gerindra menempati urutan ketiga dengan 11 kursi, di bawah Golkar 13 kursi dan Nasdem 12 kursi.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani optimis kejayaan Gerindra di Pilpres 2019 di Sulsel bisa terulang. Di Pilpres 2019, suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mencapai 57 persen.

“Di Pilpres 2019 lalu, suara 02 Prabowo-Sandi mencapai 57 persen. Tetapi di pilpres mendatang, target itu harus dinaikkan, minimal 65 persen,” kata Muzani.

Muzani menginginkan agar Gerindra Sulsel sapu bersih event politik. Sulsel menurut Muzani adalah ‘kandang’ Gerindra.

Muzani juga mendorong Andi Iwan Darmawan Aras maju di Pilgub Sulsel. “Pak Iwan ini bagian dari diri kita. Dan suatu hari partai ini akan mencetak seorang gubernur,” pungkasnya.

Ketua Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan meminta DPC mendorong kader potensial di pileg mendatang. Targetnya adalah, satu kader terpilih per dapil.

Di Sulsel, AIA menargetkan Gerindra sudah bisa merebut posisi ketua DPRD.

“Jadi jangan main-main, sudah waktunya kita jadi pemenang,” kata AIA akronim Andi Iwan Aras.

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close