BeritaBisnisEkonomiEnergiHukumInternasionalNasional

Ekspor Batu Bara Mulai Dibuka Secara Bertahap

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan mengungkapkan, dalam rapat kordinasi lintas kementerian memastikan pelonggaran ekspor mulai dilakukan pada Rabu (12/01/2022) dan telah diputuskan ada 37 kapal yang telah terisi batu bara akan siap berangkat untuk ekspor.

“37 kapal yang sudah diisi dan (penuhi) domestic market obligation (DMO) batubara serta siap ekspor kita rilis malam ini (Rabu),” ujarnya.

Namun, Luhut tak merinci 37 kapal tersebut mengangkut batubara dari perusahaan mana saja. Selain itu, pemerintah juga bakal mulai membuka ekspor batubara secara bertahap. Adapun, perusahaan yang bakal diberikan izin ekspor yakni yang telah memenuhi komitmen DMO-nya.

Dirinya menegaskan, langkah ini bukanlah sebagai bentuk inkonsistensi pemerintah.”Jadi kalau sekarang ada yang bilang kok dibuka ekspor, ya kan kita perlu uang,” katanya.

Pelonggaran ekspor ini pun diberikan pasca kepastian pasokan batubara untuk pembangkit listrik telah terpenuhi. Adapun, saat ini pasokan batubara untuk pembangkit yang dekat dengan lokasi tambang diklaim telah mencapai 15 hari operasional (HOP). Sementara untuk pembangkit yang jauh dari lokasi tambang telah terpenuhi untuk 20 HOP.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close