BeritaKesehatanNasionalPendidikanUmum

DPR Minta Pemerintah Lakukan Tes Covid-19 Bagi Siswa dan Pengantarnya Saat PTM Di Sekolah

BIMATA.ID, Jakarta-  Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Melkias Laka Lena mengusulkan agar pemerintah memberlakukan pengetesan Covid-19 kepada siswa dan juga pengantarnya saat ke sekolah. Usulan ini dilayangkan menyusul diberlakukannya pembelajaran tatap muka (PTM) dengan kapasitas 100 persen di sekolah.

“Tentu harus diadakan rutin seminggu katakanlah dua kali, di awal minggu dan akhir minggu pelaksanaan tatap muka ini, dilakukan proses testing, deteksi terhadap semua anak-anak yang hadir, termasuk juga yang mengantar,” kata Melki, Senin (03/01/22).

Melki menilai, hal ini penting dengan harapan pihak sekolah juga bisa mengetahui bagaimana kondisi kesehatan baik dari siswa maupun orang tua yang mengantarnya ke sekolah. Dengan cara ini, sekolah juga diharapkan menjadi tempat yang sehat dan tidak menimbulkan kasus penularan Covid-19.

Namun, dia menjelaskan, apabila ada siswa maupun pihak sekolah yang terdeksi positif Covid-19, dan jumlahnya ternyata signifikan, maka pihak sekolah harus segera menutup kegiatan PTM tersebut.

“Dan juga melakukan proses tracing secara cepat melibatkan semua tenaga kesehatan dan juga harus melakukan proses karantina dan juga penutupan sekolah yang harus dilakukan apabila memang ekskalasi kasus covidnya meningkat secara tajam,” ujarnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close