Berita

BPBD Menyatakan Akibat Hujan Deras Puluhan Rumah di Tasikmalaya Hancur Tertimpa Pohon

BIMATA.ID, Tasikmalaya – Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya,Provinsi Jawa Barat, Indra Risdianto, menyatakan akibat hujan deras disertai angin kencang yang terjadi di Kelurahan Singkup menyebabkan puluhan rumah rusak tertimpa pohon tumbang dan bagian atap lainnya habis tersapu angin.

“Hujan deras disertai angin kencang tersebut telah menumbangkan puluhan pohon berada di Kampung Babakan Nangerang, Sukabakti, Pager Gunung dan Negla. Para petugas BPBD, TNI dan Polri bersama warga terus berusaha membersihkan pohon yang masih menimpa atap rumah mereka dan ada beberapa rumah langsung ditutupi terpal,” katanya, Selasa (11/01/2022).

Pihaknya mengatakan, cuaca ekstrem yang melanda Kota Tasikmalaya sejak beberapa hari ini tidak menimbulkan korban jiwa tapi puluhan pohon tumbang menjadi ancaman. Petugas berupaya agar masyarakat yang memiliki pohon supaya bisa memangkasnya agar kejadian tersebut tidak kembali terjadi.

“Petugas gabungan dari TNI, Polri, BPBD dan dibantu warga masih melakukan penanganan pohon tumbang di beberapa titik di Kelurahan Singkup menggunakan mesin potong (senso), gergaji manual dan lainnya golok. Akan tetapi, petugas juga berupaya menangani dampak bencana lainnya karena kondisi di wilayah itu rentan terjadi pergerakan tanah dan banjir,” ucapnya.

Kejadian pohon tumbang menimpa rumah paling banyak berada di Kecamatan Purbaratu lantaran masyarakat masih memelihara pohon berjenis arba dengan ketinggian 10-25 meter.

“Kami dari tim gabungan tetap siaga terutama menghadapi berbagai bencana yang datang di musim penghujan, karena dapat menyebabkan banjir, longsor, pergerakan tanah dan angin kencang. Kami meminta masyarakat selama ini tetap waspada, dan jika hujan turun selama 1 jam lebih supaya meninggalkan lokasi dan mengungsi ke lokasi lebih aman,” jelasnya.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close