Berita

BMKG Minta Masyarakat Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

BIMATA.ID, Jakarta – Dalam keterangan resminya Deputi Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto, M.Si, meminta kepada seluruh masyarakat mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem di Indonesia selama sepekan ke depan.

“BMKG mengidentifikasi adanya potensi peningkatan curah hujan dalam periode sepekan ke depan di sebagian besar wilayah Indonesia,” katanya, Senin (17/01/2022).

Pihak BMKG juga menjelaskan, ada beberapa pemicu yang diperkirakan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat, angin kencang hingga gelombang tinggi tersebut terjadi.

“Mulai dari peningkatan aktivitas dinamika atmosfer seperti old Surge atau seruakan massa udara dingin dari Asia menuju wilayah Indonesia, hingga fenomena gelombang seperti gelombang Kelvin dan Rossby Ekuatorial,” ucapnya.

Selain itu, ada pula pola tekanan rendah yang memicu terbentuknya pumpunan dan belokan angin yang diperkuat juga dengan adanya pengaruh labilitas udara dalam skala lokal.

“Kondisi tersebut secara signifikan dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan,” tungkasnya.(oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close