Bimata

Berdasarkan Laporan Diterima BNPB Puluhan Rumah di Gayo Lues Rusak Akibat Angin Kencang

BIMATA.ID, Aceh – Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari menyatakan, peristiwa angin kencang menerjang 21 Kepala Keluarga (KK) di wilayah Kabupaten Gayo Lues, Aceh, pada Rabu (05/01) pukul 16.00 waktu setempat.

“Sebanyak 21 rumah rusak, dengan rincian rusak berat 5 unit dan rusak ringan 16, Para korban yang menempati rumah tersebut terpaksa mengungsi sementara waktu ke tempat sanak saudara,” katanya, Kamis (06/01/2022).

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gayo Lues, tidak ada korban luka-luka dalam kejadian ini. Angin kencang terjadi bersamaan dengan hujan lebat yang mengguyur Gayo Lues.

“Desa yang terdampak angin kencang ialah Desa Bantul Musara, Kecamatan Tripe Jaya, Gayo Lues. Setelah angin kencang reda, petugas gabungan dari BPBD, TNI, Polri dan aparat desa membantu keluarga terdampak untuk membersihkan material bangunan sekitar rumah mereka,” ucapnya.

Pihak BNPB mengimbau, kepada pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang.

“Masyarakat dapat melihat potensi bahaya dan risiko di sekitar melalui aplikasi inaRISK ataupun informasi cuaca dari lembaga pemerintah maupun BPBD,” tungkasnya.(oz)

Exit mobile version