BeritaHeadlineKesehatan

Anak Nurul Arifin Meninggal, Kenali Gejala Serangan Jantung Pada Wanita

BIMATA.ID, Jakarta- Putri sulung Nurul Arifin, Maura Magnalia Madyaratri meninggal dunia karena serangan jantung pada Selasa (24/1/2022) dini hari di usia 28 tahun.

Maura meninggal dunia sekitar pukul 02.00 WIB, tetapi baru diketahui sudah tiada jelang subuh. Maura meninggal dunia di meja makan ketika keluarga tertidur pulas.

“Mendadak (meninggalnya), jantung,” kata Nurul Arifin saat dikonfirmasi, Selasa (25/1/2022).

Serangan jantung pada wanita tidak selalu menimbulkan gejala yang serupa dengan pria. Wanita sering kali tidak merasakan gejala umum serangan jantung, seperti nyeri dada yang menyebar ke bagian tubuh lain.

Risiko serangan jantung wanita memang lebih lama dibandingkan pria. Umumnya, wanita lebih berisiko alami serangan jantung pada usia 55 tahun ke atas dan pria pada usia 45 tahun ke atas.

Meskipun, tidak menutup kemungkinan wanita yang lebih muda juga berisiko alami serangan jantung. Tapi dilansir dari Hellosehat, tingkat keparahan serangan jantung pada wanita biasanya lebih tinggi.

Karena wanita lebih berisiko alami serangan jantung pada usia lanjut, ini berarti mereka juga kemungkinan memiliki masalah kesehatan lain yang bisa memicu kefatalan.

Selain itu, wanita cenderung mengabaikan gejala serangan jantung yang timbul. Hal tersebut terjadi karena gejala yang muncul seolah bukan pertanda penyakit jantung.

Berikut ini, beberapa gejala umum serangan jantung pada wanita.

1. Dada terasa tidak nyaman

Nyeri dada merupakan gejala serangan jantung paling umum. Tapi bedanya dengan pria, gejala serangan jantung ini pada wanita lebih terasa seperti dada yang penuh dan diremas.

Hal ini juga bisa menimbulkan rasa sakit pada bagian tubuh lainnya. Gejala serangan jantung ini bisa terasa seperti ada yang mengikat dada dengan sesuatu yang ketat

2. Nyeri pada lengan, punggung, leher atau rahang

Gejala serangan jantung ini lebih umum terjadi pada wanita daripada pria. Tetapi, wanita seringkali mengabaikan gejala tersebut.

Gejala ini biasanya terjadi secara bertahap atau mendadak dan mungkin hilang serta muncul mendadak.

3. Napas terengah-engah

Napas terlalu pendek atau terengah-engah juga termasuk gejala serangan jantung pada wanita. Gejala ini biasanya membuat Anda kesulitan untuk bernapas, terutama ketika beraktivitas ringan hingga berat.

4. Sakit perut

Sakit atau tekanan pada perut juga bisa menjadi pertanda serangan jantung pada wanita. Gejala ini juga bisa disertai dengan mual, muntah dan gangguan pencernaan lainnya.

Karena itu, kebanyakan orang salah mengartikan gejala serangan jantung ini sebagai masalah pencernaan.

5. Berkeringat dingin

Hal yang wajar terjadi bila Anda berkeringat setelah olahraga atau aktivitas fisik berat. Tapi, berkeringat tanpa melakukan aktivitas apapun bisa jadi gejala serangan jantung, terlebih keringat dingin.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close