Regional

75 Persen Sekolah di Sulsel Terapkan Tatap Muka

BIMATA.ID, Makassar – 75 persen sekolah di Sulsel sudah menerapkan pembelajaran tatap muka (PTM). PTM dilaksakan di daerah yang cakupan vaksinasinya sudah mencapai 70 persen.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Sulsel Imran Jausi mengatakan, bahwa 3/4 sekolah di Sulsel telah melaksanakan PTM, khususnya pada sekolah dasar dan utamanya di daerah pinggiran Kota Makassar.

“Sudah PTM 75 persen, sudah jarang yang online lagi. Pembelajaran online itu hanya masih di daerah level-level 3 terhadap kasus COVID-19 dan capaian vaksinasinya belum mencapai 70 persen,” ujar Imran.

Imran mengatakan, level PPKM tidak lagi ditentukan oleh penyebaran Virus Corona, tetapi indikatornya adalah capaian vaksinasi Covid-19.

“Intinya kalau masih level 3 supaya lebih berhati-hati karena level ini masih rendah vaksinnya, seperti Kabupaten Jeneponto itu masih di bawah 70 persen vaksinasinya,” kata Imran.

Menurutnya, pembukaan sekolah dalam melaksanakan PTM secara 100 persen dilakukan dengan fleksibel dengan catatan memperkuat koordinasi antar pihak yang turut terlibat dalam sektor pendidikan, mulai dari pihak sekolah, UPT, pengawas sekolah, Dinas Pendidikan serta Dinas Kesehatan.

Pembukaan PTM pada wilayah Sulsel masih tetap bervariasi, seperti 50 persen digelar secara online dan 50 persen pembelajaran digelar secara tatap muka.

“Ada juga gantian masuk, juga ada yang masih shift-shiftan. Ini karena antara kabupaten/kota kan berbeda-beda. Makanya kami buka ruang fleksibilitas. intinya harus sering berkordinasi, ada apa-apa lapor supaya kita bisa ada langkah-langkah antisipasi. Misalnya sekolah yang di pinggiran-pinggiran kota, mereka kadang berani PTM 100 persen,” ujarnya .

(HW)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close