Berita

Omicron Masuk RI, Luhut Pastikan Ekonomi Masih Terkendali

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa perekonomian Indonesia hingga saat ini masih terkendali kendati virus Corona varian baru Omicron telah ditemukan di Indonesia.

“Kalau dari saya ekonomi menurut kami masih semua terkendali, masih cukup baik. Data-data kami menunjukkan baik, tapi kan semua ini dilihat per minggu,” ucap Luhut, Senin (20/12/2021).

Meskipun begitu, kondisi perekonomian RI tidak dapat ditebak. “Jadi tidak ada seluruh orang di dunia ini yang meramalkan ekonomi ini lebih dari tiga bulan,” ujar Luhut.

Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menuturkan, pemerintah telah menyiapkan alokasi anggaran apabila varian Omicron memberikan efek yang sama seperti varian Delta yang terjadi pada Mei hingga Juli 2021. Namun demikian, pemerintah optimis pertumbuhan RI tahun depan masih sesuai target Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) pada kisaran 5,2 persen.

“Kalau semua ini terkendali kita berharap pertumbuhan ekonomi sesuai dengan yang direncanakan APBN itu 5,2 persen pertumbuhannya di 2022. Namun apabila ada bumpy (benjolan) pada efek yang mirip dengan Delta maka pemerintah mempersiapkan fiscal space,” kata Luhut.

Saat ini, pemerintah mulai mengalokasikan dana untuk pemulihan ekonomi nasional serta penanganan Covid-19 sebesar Rp 52 triliun.

 

(ZBP)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close