Berita

Kepala Badan Geologi ESDM Naikkan Status Gunung Semeru Jadi Siaga Level 3

BIMATA.ID, Jakarta – Kepala Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Eko Budi Lelono, menyatakan tingkat aktivitas Gunung Semeru dinaikkan dari waspada level 2 menjadi siaga level 3 terhitung mulai 16 Desember 2021 pukul 23.00 WIB.

Kenaikan status itu mengingat aktivitas Gunung Semeru masih tinggi dan telah terjadi peningkatan jarak luncur awan panas guguran serta aliran lava,katanya, Jumat (17/12/2021).

Pihaknya meminta masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer dari puncak gunung.

Selain itu, masyarakat juga tidak boleh memasuki dan tidak boleh beraktivitas dalam radius lima kilometer dari kawah atau puncak Gunung Semeru karena rawan terhadap bahaya lontaran batu (pijar), ucapnya.

Ia menjelaskan, potensi ini terjadi karena tingginya curah hujan di Gunung Semeru. Bahkan, berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), musim hujan masih akan berlangsung selama tiga bulan ke depan.

Selain berpotensi terjadi awan panas, potensi terjadinya aliran lahar juga masih tinggi mengingat curah hujan yang cukup tinggi di Gunung Api Semeru. Didukung data dari BMKG diperkirakan musim hujan masih akan berlangsung selama tiga bulan ke depan. Secondary explosion juga berpotensi terjadi di sepanjang aliran sungai apabila luncuran awan panas yang terjadi masuk/kontak dengan air sungai, jelasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close