Berita

Kementan Menjamin Pasokan Pangan Selama Nataru Aman Terkendali

BIMATA.ID, Jakarta — Kepala Pusat Distribusi dan Akses Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian (Kementan), Risfaheri, memastikan ketersediaan pangan saat perayaan Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) aman dan terkendali.

“Secara nasional stok pangan kita aman, kita terus melakukan pemantauan agar tidak terjadi kelangkaan pasokan yang menyebabkan lonjakan harga yang tidak terkendali,” katanya, Rabu (01/12/2021).

Berdasarkan prognosis pangan,Ketersediaan dan kebutuhan pangan yang menunjukkan, sebanyak 11 komoditas pangan yang dipantau pemerintah dalam kondisi yang surplus.

“Neraca beras mengalami surplus hingga 9,3 juta ton dengan perhitungan perkiraan ketersediaan dari produksi dalam negeri 2021 ditambah sisa stok 2020 sehingga mencapai 39 juta ton. Sementara perkiraan kebutuhan dalam negeri sebesar 29,6 juta ton,” ucapnya.

Menurut keterangan Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Sarwo Edhy berharap kondisi pasokan pangan tetap aman dan terkendali meskipun di tengah pandemi yang masih berlangsung.

“Kita berharap pandemi yang masih berlangsung ini kita semakin kuat dan bertahan terutama dengan menjaga ketersediaan pangan terutama di daerah-daerah yang masyarakatnya mayoritas merayakan natal,” ujarnya.

Kementan juga melakukan intervensi distribusi dari daerah surplus atau kelebihan produksi ke daerah defisit maupun yang mengalami lonjakan harga. Berbagai intervensi bantuan distribusi telah kami lakukan, antara lain dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga telur, jagung pakan dan cabai. (oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close