BeritaHukumKesehatanNasionalUmum

Kasus Omicron Bertambah, Menko PMK: Tak Ada Perubahan Kebijakan Saat Nataru

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menegaskan tak ada pengetatan kebijakan penanganan Covid-19 saat Natal dan Tahun Baru (Nataru), meski kasus varian Omicron terus bertambah. Pemerintah tetap menerapkan kebijakan PPKM level 1-4 untuk menekan laju penyebaran virus corona.

Namun, Muhadjir menyampaikan pemerintah telah memperketat pintu-pintu kedatangan pelaku perjalanan luar negeri. Hal ini mengingat Covid-19 varian Omicron berasal dari luar negeri.

“Karena ini masih pada level terbatas, terutama mereka yang datang dari luar negeri dan kita sudah melakukan pengawalan yg ketat di pintu masuk, mulai darat, laut dan udara,” jelas Muhadjir, Rabu (29/12/2021).

“Sehingga, untuk Nataru tidak ada perubahan kebijakan. Hanya kita awasi lebih ketat aja,” sambungnya.

Selain itu, pemerintah memastikan akan mengawasi ketat tempat kerumunan dan pintu masuk yang kemungkinan menjadi jalur tikus untuk pelaku perjalanan luar negeri.

Muhadjir menyebut transmisi atau penularan lokal varian Omicron di Indonesia masih dapat dikontrol dan belum berkembang biak.

“Seandainya ada kenaikan itu, ya tidak akan sampai menciptakan gelombang berikutnya,” katanya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close