OlahragaRegional

Jabat Ketua FOBI Sidrap, Andi Patonangi Siap Kembangkan Olahraga Barongsai

BIMATA.ID, Sidenreng Rappang – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, sukses menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab), Sabtu, 25 Desember 2021, kemarin.

Muskab tersebut menandai bahwa cabang olahraga barongsai telah terbentuk di Kabupaten Sidrap.

Adapun agenda utama dari kegiatan tersebut adalah memilih dan menyusun kepengurusan, dilanjutkan dengan agenda pembahasan langkah-langkah strategis dalam memperkenalkan olahraga barongsai di Sidrap.

“Musyawarah Kabupaten FOBI di Kabupaten Sidrap ini merupakan awal untuk kami memperkenalkan olahraga Barongsai di Kabupaten Sidrap,” ungkap Ketua Panitia Muskab FOBI Sidrap Pandi, dalam keterangan persnya, Minggu (26/11).

Seperti diketahui, cabang olahraga Barongsai telah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sehingga saat ini Barongsai adalah salah satu olahraga yang juga dipertandingkan.

Muskab yang berlangsung dalam semangat kekeluargaan ini dihadiri oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi FOBI Sulawesi Selatan, Syahril, beserta rombongan, Sekretaris KONI Sidrap Achmad Jafar, dan sejumlah undangan lainnya.

Hasil Muskab FOBI Sidrap telah menetapkan Andi Patonangi sebagai Ketua FOBI Sidrap untuk periode 2021-2025.

Mendapat amanah tersebut, Andi Patonangi dalam sambutannya mengucapkan rasa kasihnya kepada Pengurus Provinsi FOBI Sulsel dan KONI Sidrap atas kepercayaan dan dukungan kepadanya untuk memimpin FOBI Sidrap.

“Tentu ini tantangan dan hal baru buat saya, untuk ikut memperkenalkan olahraga Barongsai, khususnya di Sidenreng Rappang. Sebagai bentuk olahraga, Barongsai belum banyak dikenal orang, tapi sebagai budaya dan tradisi tentu Barongsai sudah dikenal dan mendunia,” ujar Andi Patonangi.

Sekretaris Umum FOBI Sulsel, Syahril, mengatakan olahraga barongsai telah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, dan sudah banyak juga atlet Indonesia yang berprestasi dalam olahraga ini.

“Barongsai saat ini sudah bukan budaya saja, tapi sudah menjadi olahraga. Atletnya 80 persen sudah non Tionghoa, artinya masyarakat Indonesia sudah banyak yang jadi atlet, dan itu juga membuktikan bahwa barongsai ini sudah diterima di masyarakat Indonesia,” ungkap Syahril.

Sekretaris Umum KONI Sidrap Achmad Jafar yang menghadiri acara ini menyambut baik terbentuknya FOBI di Sidrap dan juga menilai barongsai merupakan salah satu seni atraksi ketangkasan yang banyak diminati masyarakat.

“Selamat bergabung di KONI Sidrap untuk FOBI. Kehadiran FOBI di Sidrap sebagai salah satu cabang olahraga merupakan nuansa baru keolahragaan Sidrap, karena FOBI selain sebagai salah satu cabang olahraga juga merupakan salah satu atraksi ketangkasan yang Insya Allah akan diminati oleh masyarakat Sidrap,” harap Achmad Jafar.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close