BeritaInternasionalPolitik

Dubes India Temui Prabowo, Ngapain?

BIMATA.ID, Jakarta – Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia, H.E. Mr. Manoj Kumar Bharti dan Deputi National Security Advisor (NSA), H.E. Mr. Pankaj Saran melakukan kunjungan kenegaraan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto.

Pertemuan yang berlangsung di Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Jumat, 10 Desember 2021 tersebut digelar untuk memperkuat dan meningkatkan kerja sama pertahanan antara kedua negara yang sudah terjalin erat.

“Kerja sama pertahanan kedua negara di antaranya telah diwujudkan dengan penyelenggaraan forum pertemuan Joint Defense Cooperation Committee (JDCC) yang pertama kali diselenggarakan pada 2009 di Jakarta,” dikutip Bimata.Id dari siaran pers Kemhan RI, Sabtu (11/12/2021).

Tidak hanya itu, kerja sama dalam bidang pendidikan dan pelatihan pun telah diwujudkan melalui pertukaran siswa antara Tentara Nasional Indonesia (TNI) dengan Angkatan Bersenjata India.

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo juga menandatangani Buku Belasungkawa untuk menghormati dan mengenang Kepala Staf Pertahanan India (CDS), Bipin Rawat, yang gugur dalam kecelakaan pesawat di negara bagian Tamil Nadu, pada Rabu, 8 Desember 2021.

Pada bidang pertahanan, Indonesia dan India akan fokus pada transfer teknologi dan pengembangan industri manufaktur lokal. Meskipun semua pengetahuan teknologi pertahanan berasal dari India, maka proses pembuatan sistem pertahanan akan dilakukan di Indonesia oleh tenaga-tenaga terampil lokal Indonesia.

Dalam kesepakatan sebelumnya di bidang pertahanan, Indonesia dan India telah memutuskan untuk menjajaki kerja sama dengan perusahaan industri senjata PT Pindad dan produsen mobil Tata Motors untuk memproduksi meriam air dan kendaraan militer pada 2018 lalu.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close