BeritaKesehatanTravelUmum

DPR Minta Pemerintah Atasi PMI yang Terlantar di Bandara

BIMATA.ID, Jakarta- Anggota Komisi IX DPR RI, Mufida mengungkapkan, para pekerja migran Indonesia (PMI) banyak yang terlantar di bandara karena harus mengantre lama mendapatkan fasilitas karantina sepulang dari luar negeri. Bahkan, ada laporan mereka harus rela menunggu hingga 2×24 jam tanpa fasilitas memadai.

Menyikapi hal itu, Mufida mendesak pemerintah untuk segera mencarikan solusi agar persoalan tersebut segera diatasi.

“Saat ini ada program pemulangan (rekalibrasi) tapi tak siap dengan insfratruktur di dalam negeri untuk karantina. Teman-teman PMI lapor jika ada tawaran untuk karantina ke hotel-hotel dengan biaya sendiri yang tidak sedikit agar tidak menunggu antrian lebih lama. Ingat PMI adalah kelompok yang mendapatkan fasilitas gratis karantina mandiri yang disediakan pemerintah. BP2MI harus cari solusi segera bersama Satgas Covid-19 nasional menyelesaikan kebutuhan mendesak ini,” ungkap Mufida.

Mufida menyarankan agar shelter karantina terpusat yang biasa digunakan kembali diaktifkan seperti Rusunawa Pasar Rumput, Asrama Haji Pondok Gede termasuk berkolaborasi dengan aset milik Pemda.

“Pemerintah bisa membuka tambahan kamar segera di fasilitas milik pemerintah termasuk bekerjasama dengan aset milik Pemda. Kasihan teman-teman PMI seperti tidak diurus. Pemerintah menyebut mereka pahlawan lho, perlakukan dengan layak dan baik,” jelasnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close