Umum

Dinkes Ponorogo Menyatakan Belum Dapat Melakukan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

BIMATA.ID, Ponorogo – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo, Heni Lestari mengatakan, untuk saat ini belum melakukan vaksinasi anak usia 6-11 tahun karena capaian vaksinasi di Kabupaten Ponorogo mencapai 60 persen dan lansia baru 38 persen.

“Itu yang menjadi kendala sehingga Kementerian Kesehatan RI tidak memilih Kabupaten Ponorogo untuk melakukan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun,” katanya, Rabu (15/12/2021).

Pihaknya menjelaskan saat ini pihaknya fokus pada vaksinasi lansia agar capaian menjadi 40 persen. Capaian tersebut akan membuat Kabupaten Ponorogo naik level PPKM menjadi level 2. Tentunya sambil mengejar angka capaian vaksinasi 70 persen untuk umum.

“Kami harus terus bersinergi untuk menyegerakan masyarakat divaksin,” ujarnya.

Heni Lestari menjelaskan, nantinya penggunaan vaksin Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun adalah vaksin Sinovac, Coronavac, dan vaksin Covid-19 dari Bio Farma.

Berdasarkan data di Dispendukcapil Ponorogo ada 74 ribu sasaran anak yang bisa menerima vaksin.

“Pelaksanaan vaksinasi anak nantinya bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, layanan kesehatan, klinik, sekolah maupun lembaga berbasis kesejahteraan sosial anak,” tungkasnya.(oz)

Tulisan terkait

Bimata
Close