BeritaEkbisEkonomiNasionalPertanianSains & TekUmum

CORE: Ekonomi Digital Belum Berdampak Terhadap Perekonomian Petani Kecil

BIMATA.ID, Jakarta- Research Associate Core Indonesia, Dwi Andreas menyatakan bahwa pihaknya telah melakukan riset terkait peran ekonomi digital terhadap perekonomian di kalangan petani.

“Kami melakukan survey di jaringan tani kami, Asosiasi Bank Benih dan Teknologi Tani Indonesia (AP2TI). Kami ada di 90 kabupaten, 20 provinsi saat ini. Hasilnya, petani dengan lahan sempit kurang dari 0,5 hektare apakah mereka menikmati? Jawabannya 0,00 persen. Ekonomi digital tidak berpengaruh, tidak berefek sama sekali terhadap para petani kecil,” ujar Andreas dalam seminar yang digelar Core Indonesia dengan tema “Refleksi Akhir Tahun 2021”, Rabu (29/12/2021).

Sementara itu, petani dengan lahan yang luasnya lebih dari 0,5 hektar hanya 4,76 persen yang telah memanfaatkan teknologi informasi. Kemudian petani yang seklaigus bergerak di bidang hasil pengolahan pertanian hanya 14,29 persen yang telah memanfaatkan teknologi informasi.

“Individu, individu, organisasi, dan koperasi yang membantu memasarkan produk petani tercatat 28,57 persen.” paparkanya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close