Berita

Bendung Katulampa Siaga 3 Warga DKI Diminta Waspada Banjir

BIMATA.ID, Bogor – Hujan dengan intensitas lebat yang mengguyur kawasan Puncak membuat ketinggian air di Bendung Katulampa, Kota Bogor mengalami kenaikan 110 cm atau siaga 3. Debit air diperkirakan tiba di wilayah Jakarta dalam waktu 9 jam.

Petugas Bendung Katulampa M Jaenudin mengatakan, awalnya ketinggian air masih berada pada titik 10 cm pada pukul 12.00 WIB. Kemudian mengalami kenaikan menjadi 50 cm pada pukul 14.00 dan terakhir 110 cm pukul 14.12 WIB.

“Sekarang masih 110 centimeter atau Siaga 3,” kata Jaenudin, Jumat (17/12/2021) siang.

Kepada seluruh masyarakat untuk tetap berhati-hati mengingat kawasan Bogor saat ini masih dilanda hujan dengan intensitas tinggi.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta  telah mengeluarkan informasi disaster early warning system kepada warga bantaran sungai akibat kenaikan Bendung Katulampa.

“Diimbau kepada warga bantaran sungai agar waspada terhadap bahaya banjir,” kata seorang petugas BPBD dalam unggahan video di akun resmi mereka @BPBDJakarta.

Selain Katulampa, tinggi muka air di Sunter Hulu juga naik menjadi 210 sentimeter atau berstatus Siaga 2. Sedangkan tinggi muka air di Pintu Air Pasar Ikan tercatat 180 cm dengan status waspada atau Siaga 3.(oz)

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close