Regional

Andi Sudirman Launching Aplikasi Go Clean Governance Clinic, Ini Fungsinya

BIMATA.ID, Makassar – Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman melaunching aplikasi Go Clean-Governance Clinic yang dikembangkan Inspektorat, Jumat (24/12/2021).

Andi Sudirman mengatakan melalui peran aktif Inspektorat selaku APIP untuk melakukan pengawalan dan pengawasan dinilai mampu memberikan pendampingan terhadap jalannya penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga tahap evaluasi hasil.

“Kegiatan ini merupakan upaya kami dalam rangka percepatan akses pemerintahan yang bersih dan ideal,” kata Sudirman.

Kepala Inspektorat Sulsel Aslam Patonangi mengatakan, aplikasi tersebut melakukan inovasi Inspektorat. Aplikasi ini nantinya dapat diakses oleh seluruh pemangku kepentingan, mulai dari permintaan, saran, peninjauan, serta bantuan dari seluruh perangkat daerah di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

“Aplikasi hadir untuk menyederhanakan prosedur, dengan mendigitalkan berbagai tugas dan fungsi yang menjadi tugas Inspektorat daerah sebagai aparat pengawas internal pemerintah,” kata Aslam.

Menurut dia, beberapa domain tugas Inspektorat sebagai aparat pengawas internal pemerintah, seharusnya sudah didigitalkan, maka dari itu lahirlah aplikasi ini.

“Ini merupakan bentuk peran aktif Inspektorat Daerah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menciptakan ‘Good Governance’ dan ‘Clean Government’,” ujarnya.

Sistem ini, lanjutnya, akan terintegrasi mulai dari program hingga sub kegiatan yang ada pada perangkat daerah.

Salah satu fiturnya adalah, E-Follow-up Hasil Pemeriksaan yang merupakan Aplikasi Tindak Lanjut temuan digital, baik TLHP APIP maupun Tindak lanjut LHP PDTT, Audit Kinerja dan LHP lainnya.

“Aplikasi Go Clean dapat melaporkan whistle blowing system (WBS) di mana masyarakat umum dapat menyampaikan pengaduan dugaan tindak pidana dan pelanggaran disiplin ASN serta free finding request untuk ASN dan perusahaan,” pungkasnya.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close