BeritaEkonomiKesehatanNasional

Varian Omicron Bikin Menkeu Khawatir Ganggu Laju Pemulihan Ekonomi Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani menyebut perekonomian Indonesia pada saat ini mulai berangsur pulih setelah tertekan masifnya kasus Covid-19 di dalam negeri akibat varian delta. Namun, munculnya varian omicron di Afrika Selatan menimbulkan kekhawatiran pemerintah di tengah membaiknya ekonomi.

“Kami sangat waspada dan tentunya mencermati apa yang sebenarnya sedang terjadi di berbagai belahan dunia dengan meningkatnya kasus, atau mutasi kasus baru Omicron Covid-19 yang berasal dari Afrika Selatan dan kini menyebar ke beberapa negara,” katanya, Selasa (30/11/2021).

Menurutnya, pemerintah berupaya mengatasi kasus Covid-19 agar pemulihan ekonomi terus berlanjut, terutama pada triwulan IV 2021.

“Kami harapkan pertumbuhan ekonomi tahun ini antara 3,5 persen sampai 4,0 persen,” ucapnya.

Namun, untuk mencapai hal tersebut sangatlah tidak mudah, tetapi pemerintah harus optimis dan memaksimalkan anggaran yang ada untuk program pemulihan ekonomi.

“Presiden Jokowi sudah menyerahkan DIPA yaitu dokumen anggaran untuk semua kementerian dan juga gubernur untuk anggaran 2022. Ini akan menjadi tahun ketiga atau ketiga anggaran yang akan terus berlanjut mendukung pemulihan ekonomi serta penanganan tantangan Covid-19,” paparnya.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close