BeritaEkonomiPertanianRegionalUmum

Teten Masduki Minta Perusahaan Besar Bantu Sejahterakan Petani

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan, saat ini Pemerintah tengah mendorong perusahaan-perusahaan besar bisa berkontribusi terhadap keberlangsungan pertanian.

Teten menilai, petani bisa lebih cepat berkembang dan skalanya lebih besar bila mendapat sokongan dari perusahaan. Selain itu, kehadiran korporasi besar diharapkan bisa membuat petani lebih sejahtera. Dengan dukungan modal dan sistem yang kuat, petani bisa dikoordinir agar skalanya lebih besar.

“Kenapa kita perlu membangun korporatisasi petani? Kalau kita terus biarkan petani-petani perorangan di dalam skala yang sempit, kesejahteraan peran petani sulit dan negara juga sulit untuk mendapatkan suplai pangan yang stabil baik kualitas maupun kuantitas,” katanya dalam kunjungan kerja ke Desa Sejahtera Astra (DSA), Minggu (14/11/2021)

Dalam kunjungan itu, Teten meninjau pertanian beras organik sekaligus meresmikan bantuan pengembangan digital smart farming bagi para petani Al Barokah.

Untuk mendorong korporasi pertanian modern melalui program Digital Smart Farming, nantinya Teten bersama Astra juga menginginkan lahan pertanian di Al Barokah bertambah dari 200 hektar menjadi 1.000 hektar. Caranya dengan mengonsolidasikan para petani untuk bergabung sehingga luas lahan dibutuhkan bisa tercapai.

“Jadi kita harus mengembangkan model bisnis tadi Corporate Farming dengan mengkonsolidasi lahan-lahan petani perorangan, lahan sempit ke dalam koperasi, dalam skala ekonomi,” ujar Teten.

Desa Al Barokah merupakan produsen tanaman padi yang dibudidayakan secara alami, bebas dari pestisida beracun dan pupuk kimia sintetis. Produk ini, merupakan produk dari Paguyuban Petani Al Barokah yang dibina secara langsung PT. Astra International Lewat program Desa Sejahtera Astra (DSA) sejak tahun 2019.

Astra memberikan bantuan sebesar Rp 200.000.000 dan alat digital farming senilai Rp 100.000.000 untuk membantu pengembangan produk dan juga mendorong peningkatan kualitas produk dari DSA Al Barokah.

Dengan teknologi ini para petani dapat melakukan pemantauan secara langsung melalui aplikasi berbasis android terkait kondisi fisika, kimia dan biologi lahan pertanian. Komponen teknologi ini, antara lain sensor-sensor kelembapan, PH tanah, kualitas air, kecepatan angin, kamera hama dan perkembangan tanaman serta bersumber energi dari matahari atau solat panel.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close