BeritaEkonomiKomunitasNasionalUmum

Sandiaga Uno: Literasi Punya Potensi Bangkitkan Ekonomi Indonesia

BIMATA.ID, Jakarta- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia sekaligus Ketua Dewan Pembina Gerakan Ekonomi Kreatif (GEKRAFS), Sandiaga Uno menyoroti tingkat literasi Indonesia yang menduduki peringkat 62 dari 70 negara pada 2019.

Data tersebut seakan membuktikan bahwa sumber daya manusia (SDM) sebagai aset belum berkembang secara optimal. Melihat masalah ini, Sandiaga mengajak penulis untuk mendukung pemulihan ekonomi Indonesia melalui literasi. Hal tersebut diungkapkannya dalam acara Indonesia Literacy Fest (ILF) yang diselenggarakan secara virtual pada awal pekan ini.

“Tingkat literasi Indonesia berada di peringkat 62 dari 70 negara pada 2019, di mana sumber daya manusia sebagai aset belum berkembang secara optimal. Hal ini harus menjadi perhatian, semua kalangan perlu bekerja sama untuk meningkatkan peringkat Indonesia termasuk pentahelix ekonomi kreatif,” kata Sandi.

Sandi memiliki harapan untuk para peserta ILF dapat agar mengambil ilmu dari narasumber, yakni penulis nasional, tentang teknis menulis serta bagaimana melahirkan karya dan bisa diterbitkan secara daring maupun luring. Sehingga nantinya, semua dapat membangkitkan kembali perekonomian Indonesia melalui literasi.

Mengusung tema, “Memahat Peradaban dengan Tulisan”, ILF merupakan kolaborasi antara KBM App, platform digital membaca dan menulis berbasis komunitas, bekerja sama dengan GEKRAFS. Pagelaran ILF ini pun menghadirkan puluhan penulis nasional, sutradara dan praktisi literasi, di antaranya Asma Nadia, Hanum Salsabila Rais, Helvy Tiana Rosa, Trinity Traveler, Okky Madasari, Isa Alamsyah, hingga Gol A Gong.

Terlebih lagi dalam situasi pandemi Covid-19, kemampuan literasi dibutuhkan agar setiap informasi dapat dipilah dan dipahami sehingga tidak mudah terperangkap informasi hoax.

 

(ZBP)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close