Berita

Prabowo Pesan 2 Pesawat Jenis A400M untuk Membawa Bantuan Kemanusiaan Saat Bencana

BIMATA.ID, Jakarta — Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto, menandatangani kontrak pemesanan dua pesawat jenis Airbus A400M yang dilakukan di sela-sela acara Dubai Airshow 2021, pada Kamis (18/11), rencananya pesawat itu diberikan kepada TNI Angkatan Udara untuk mendapat tambahan kekuatan baru, Pesawat multi-peran ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan taktis TNI AU.

“Selain kemampuan taktis dan udara ke udara, A400M akan menjadi aset nasional dan berperan penting untuk misi Bantuan Manusia dan Tanggap Bencana,” kata Menhan Prabowo dalam keterangannya, Jumat (19/11/2021).

Pesawat ini pernah beberapa kali dipamerkan oleh Airbus di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Maret 2017, dan Agustus 2018. Adapun pesawat A400M milik AU Perancis juga pernah dipakai untuk mengirim bantuan ke Lombok saat dilanda gempa bumi pada Agustus 2018 lalu.

Kemudian, AU Malaysia juga pernah membantu pada gempa dan tsunami di Palu pada Oktober 2018. Pihak Airbus menyebutkan bahwa pesawat ini mampu beroperasi dari landasan pacu yang pendek serta kasar.

A400M mampu diandalkan untuk pengangkutan taktis dan pengiriman personel dan barang untuk pendaratan di berbagai medan.

Untuk pengangkutan strategis, A400M dapat mengangkut barang-barang dan alat logistik yang berat dan berdimensi lebar. Ruang angkut maksimal pesawat ini dapat menampung beban hingga 37 ton.

A400M adalah airlifter besar pertama yang mampu mengangkut beban berat seperti truk bahan bakar berkapasitas 80 ton dan ekskavator.

Tak hanya itu, pesawat ini mampu mengangkut 116 personel dengan peralatan lengkap siap tempur, dan juga mampu mengangkut Patriot Launcher dan Hemtt Truck, 9 Palet Military beserta 54 personel sekaligus. (oz)

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close