BeritaHeadlineHukum

Penegak Hukum Harus Dapat Izin Presiden Jika Periksa Anggota DPR, Berikut Aturannya

BIMATA.ID, Jakarta – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) memiliki hak imunitas dalam menjalankan tugasnya. Hak imunitas adalah hak anggota lembaga perwakilan rakyat dan para menteri untuk membicarakan atau menyatakan secara tertulis segala hal di dalam lembaga tersebut tanpa boleh dituntut di muka pengadilan.

Selain itu, DPR RI juga memiliki hak imunitas di mana harus mendapat persetujuan tertulis dari Presiden RI jika diperiksa oleh penegak hukum. Tetapi, hak tersebut tidak berlaku bila anggota dewan disangka tindak pidana tertentu.

Hal itu tertuang dalam Undang-Undang (UU) RI Nomor 17 Tahun 2014 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, dan Dewan Perwakilan Daerah (MD3) yang tertulis pada Pasal 245.

Berikut bunyi pasal 245 tersebut:

(1) Pemanggilan dan permintaan keterangan untuk penyidikan terhadap anggota DPR yang diduga melakukan tindak pidana harus mendapat persetujuan tertulis dari Mahkamah Kehormatan Dewan.

(2) Dalam hal persetujuan tertulis sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak diberikan oleh Mahkamah Kehormatan Dewan paling lama 30 (tiga puluh) Hari terhitung sejak diterimanya permohonan, pemanggilan, dan permintaan keterangan untuk penyidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilakukan.

(3) Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak berlaku apabila anggota DPR:

  1. Tertangkap tangan melakukan tindak pidana;
  2. Disangka melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau tindak pidana kejahatan terhadap kemanusiaan dan keamanan negara berdasarkan bukti permulaan yang cukup; atau
  3. Disangka melakukan tindak pidana khusus.

[MBN]

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close