Regional

Pemprov Sulsel Anggarkan Rp1,6 Miliar Penanganan Bencana

BIMATA.ID, Makassar – Pemprov Sulsel menganggarkan Rp1,6 miliar untuk penanganan bencana. Anggaran ini bersumber dari APBD Sulsel 2021.

Selain Rp1,6 miliar, pemprov juga menyalurkan Rp5 miliar total anggaran kepada 24 kabupaten/kota untuk penanganan bencana. Bantuan tersebut bersumber dari Kementerian Sosial.

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinsos Sulsel, Herman mengatakan, Pemprov Sulsel telah menganggarkan bantuan kebutuhan dasar, utamanya dalam mengantisipasi dampak dari fenomena La Nina.

“Gubernur telah menganggarkan bantuan logistik lewat APBD, termasuk mengantisipasi La Nina dan seluruh bencana, mulai dari bencana sosial maupun bencana alam berupa logistik kebutuhan dasar senilai Rp1,6 miliar tahun 2021,” katanya.

Fenomen La Nina ini meningkatkan intensitas hujan di Indonesia, bahkan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut akan terjadi peningkatan intensitas hujan lebih dari 17 persen pada 2021.

Anggaran senilai Rp1,6 miliar tersebut hingga saat ini belum diserap karena masih dalam proses pembelanjaan untuk pengadaan logistik kebutuhan dasar masyarakat jika terdapat wilayah yang terkena bencana.

“InsyaAllah awal Desember barangnya sudah ada, sekarang dalam proses pengadaan dan ini adalah buffer stock, jadi nanti setelah ada bencana,” katanya.

Herman menegaskan bahwa Dinas Sosial tidak berada pada penanganan infrastruktur, semisal memberi bantuan peralatan perbaikan rumah, namun untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

Selain itu, Sulsel telah menerima Rp5 miliar dari APBN untuk penanganan bencana yang telah disebar ke 24 kabupaten.

“Kami bersyukur bahwa Kementerian Sosial dengan koordinasi yang besar senantiasa mengawal Sulsel dengan APBN Rp5 miliar 2021 untuk mengantisipasi bencana,” ujar dia.

(HW)

Facebook Comments
Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close